Habib Muannas PSI Diprediksi Melenggang ke Senayan

Jumat, 08 Maret 2019 – 23:35 WIB
Muannas Alaidid diapit Ketum PSI Grace Natalie dan Sekjen Raja Juli Antoni. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah veteran Pilkada 2017 meramaikan persaingan pemilu legislatif di Dapil Jabar VII yang meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Beberapa pendatang baru juga berpeluang merebut salah satu dari 10 jatah kursi yang ada.

“Sejumlah caleg muda baik petahana maupun pendatang baru unggul dalam persaingan di dapil Jabar VII,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Jumat (8/3).

BACA JUGA: Elektabilitas Caleg PSI Lampaui Tiga Petahana di Jabar III

Survei Y-Publica mencatat petahana Rieke Diah Pitaloka masih teratas dalam urutan elektabilitas dengan 16,1 persen. Dia diikuti petahana lainnya Putih Sari dari Gerindra dengan 9,6 persen.

BACA JUGA: Arief Poyuono Ogah Sebut Nama Lembaga Survei, Takut Diteror

Di posisi selanjutnya ada mantan calon Wagub Jabar Dedi Mulyadi dari Golkar dengan 6,3 persen. Bekas cawagub Jabar lainnya Ahmad Syaikhu dari PKS menyusul dengan 5,6 persen.

BACA JUGA: Survei Lembaga Misterius: Prabowo - Sandi Menang Jauh

BACA JUGA: Survei Lembaga Misterius: Prabowo - Sandi Menang Jauh

Pendatang baru Puteri Komarudin dari Golkar melengkapi lima besar caleg Dapil Jabar VII dengan 5,4 persen, diikuti pendatang baru muka lama Saan Mustopa dari NasDem dengan 5,3 persen. Pendatang baru lainnya Muannas Alaidid dari PSI menempati urutan tujuh dengan 4,3 persen.

“Selebihnya caleg petahana yang sebagian berpeluang lolos dan yang terpental,” tutur Rudi. Mereka adalah Daeng Muhammad dari PAN (4,1 persen), Dadang S Muchtar dari Golkar (3,9 persen), dan Wardatul Asriah dari PPP (2,8 persen).

“Sedang yang belum menentukan pilihan mencapai 23,1 persen,” pungkas Rudi.

Survei Y-Publica ini menggunakan 800 responden mewakili tiap kecamatan di Dapil VII. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei: PSI Curi Satu Kursi di Kandang Fadli Zon


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler