Survei Lembaga Misterius: Prabowo - Sandi Menang Jauh

Jumat, 08 Maret 2019 – 16:12 WIB
Arief Poyuono. Foto: dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono membeber hasil survei yang menunjukkan bahwa Prabowo - Sandi unggul jauh dari Jokowi - Ma'ruf. Menurut dia, lembaga indpenden yang namanya dirahasiakan itu bekerja sama dengan jaringan mahasiswa dan buruh.

Dia menjelaskan survei itu dilakukan 23 Februari - 5 Maret 2019 melibatkan 2661 respode dari 192 juta pemilih yang terdaftar. Adapun tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 1,9 persen.

BACA JUGA: Ulama Pidie: Pilih Jokowi – KH Ma’ruf Amin Tidak Haram

Menurut Arief, lembaga survei yang dibiayai pihak asing itu menempatkan elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mengunggungi pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin.

Menurutnya, survei menggunakan pertanyaan yang mudah dimengerti responden yaitu 'jika pilpres digelar hari ini pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin atau Prabowo- Sandi yang akan dipilih'.

BACA JUGA: Survei: PSI Curi Satu Kursi di Kandang Fadli Zon

"Hasilnya tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo - Sandi sudah melewati Joko Widodo - Maruf Amin," kata Arief, Jumat (8/3).

BACA JUGA: Survei: PSI Curi Satu Kursi di Kandang Fadli Zon

BACA JUGA: Golput: Jokowi atau Prabowo Tak Pantas jadi Pemimpin Negeri Ini

Arief menjelaskan, Prabowo - Sandi meraih elektabilitas 54,3 persen Dari 2661 responden. Sedangkan Jokowi - Kiai Ma'ruf meraih 40,4 persen dari 2661 responden memilih Jokowi - Kiai Maruf. "Sebanyak 5,3 persen tidak menjawab," tegasnya.

Arief mengklaim, survei itu sangat simetris dengan yang dilakukan masyarakat di media sosial bahwa Jokowi - Kiai Ma'ruf kalah telak atas Prabowo - Sandi. "Jadi kami punya data (positif) sendiri," tegasnya.

Dia menegaskan biar saja lembaga survei lain memiliki data yang berbeda. Pihaknya akan menjadikan hal tersebut sebagai masukan.

Yang jelas, kata dia, Prabowo - Sandi sudah melewati 50 persen + 1, Jokowi - Kiai Ma'ruf semakin turun di bawah 40 persen.

Arief menegaskan bahwa lembaga survei tersebut bukan berasal dari internal Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandi. "Untuk nama lembaganya kami rahasiakan, karena takut diteror nanti," ujar Poyuono. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Puluhan Pesantren dan Ratusan Mantan GAM Siap Menangkan Jokowi di Aceh


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler