Habib Rizieq Cs Gugat Presiden, Gunakan Istilah G30S/Jokowi

Rabu, 02 Oktober 2024 – 13:02 WIB
Habib Rizieq Shihab. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bertepatan dengan momentum G30/S, Tim Advokasi Masyarakat Anti Kebohongan (TAMAK) melayangkan gugatan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Gugatan itu dilayangkan oleh Habib Rizieq Syihab, Mayjen Tni (Purn) Soenarko Md, Eko Santjojo, Edy Mulyadi, Mursalim, Marwan Batubara dan Munarman.

BACA JUGA: Bertemu Habib Rizieq, Dasco Singgung Soal Silaturahmi dan Kesamaan Visi

Gugatan itu diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan Nomor Perkara 611/Pdt.G/2024/PN Jkt.Pst tanggal 30 September 2024.

Pernyataan pers TAMAK itu dibacakan koordinatornya Aziz Yanuar.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Temui Habib Rizieq, Ini yang Dibicarakan

Aziz menyebutkan sejak Jokowi menjadi cagub DKI Jakarta pada 2012 hingga menjabat presiden selama dua periode telah melakukan rangkaian kebohongan.

"Dan kata-kata bohong yang memberikan dampak buruk terhadap Bangsa Indonesia. Bahwa rangkaian kebohongan terus dikemas dalam rangka untuk pencitraan, menutupi kelemahan, dan kegagalan yang terjadi," kata Aziz Yanuar dikutip, Rabu (2/10).

BACA JUGA: Sukarelawan Alap-Alap Tegaskan Komitmen untuk Selalu Bersama Jokowi

Dia juga menyebutkan rangkaian kebohongan dan kata-kata bohong, dilakukan oleh Jokowi dengan menyalahgunakan mekanisme, sarana, dan prasarana ketatanegaraan.

"Bahwa rangkaian kebohongan yang dilakukan Jokowi, bila dibiarkan tanpa ada konsekuensi hukum, akan mencoreng sejarah Bangsa Indonesia yang menjunjung nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan berbangsa," tuturnya.

"Oleh karenanya, kami sebagai warga negara yang tergabung dalam koalisi “Masyarakat Anti Kebohongan” mengambil sikap tegas dengan mengajukan G30S/JOKOWI (Gugatan 30 September Terhadap Jokowi)" lanjut Aziz.

Dia juga menjelaskan tentang rangkaian hal yang dinilai kebohongan Jokowi yang di antaranya, soal komitmen untuk menjabat Gubernur DKI selama 1 periode penuh lima tahun dan tidak akan menjadi kutu loncat.

"Kebohongan mengenai data 6 ribu unit pesanan mobil ESEMKA. Kebohongan untuk menolak dan tidak akan melakukan pinjaman luar negeri (asing)," jelasnya.

Aziz juga menyebutkan Jokowi telah melakukan kebohongan soal swasembada pangan, Kebohongan tidak akan menggunakan APBN untuk pembiayaan sejumlah infrastruktur seperti Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC).

"Kebohongan mengenai data uang sebelas ribu triliun yang ada di kantong Jokowi," tuturnya.

Dalam tuntutannya, TAMAK meminta Jokowi membayar ganti rugi materiil sebesar nilai utang luar negeri Indonesia periode tahun 2014 sampai dengan tahun 2024 untuk disetorkan kepada kas negara.

"Memerintahkan kepada negara untuk menahan pembiayaan atau tidak memberikan rumah sebagai mantan Presiden kepada Jokowi dan menahan atau tidak memberikan seluruh uang pensiun," pungkas Aziz Yanuar.(mcr8/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diresmikan Jokowi, Relawan Incorporate jadi Wadah Akselerasi Pembangunan Negeri


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler