Piala Presiden 2018

Hadapi Persebaya, Madura United Pantang Main Mata

Minggu, 28 Januari 2018 – 06:23 WIB
Ferinando Pahabol (kanan). Foto: Angger Bondan/dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Persebaya Surabaya akan menghadapi Madura United pada laga pemungkas grup C Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sore ini.

Persebaya mengemas 4 poin. Madura United berada di atas angin dengan mencatatkan 6 poin. Seri saja sudah cukup untuk mengamankan posisi puncak.

BACA JUGA: Mitra Kukar Sempurnakan Predikat Juara Grup B

Bahkan, jika kalah, Madura United masih berpeluang menjadi satu di antara tiga runner-up terbaik yang lolos ke babak delapan besar.

Sebaliknya, kalau sampai keok, Persebaya harus menanti nasib sampai babak penyisihan grup kelar.

BACA JUGA: Sriwijaya FC: Solo, Kami Datang!

Pelatih Madura United Gomes menegaskan tidak ingin main mata. Tidak ada kata mengalah.

Dia tetap meminta anak asuhnya fight untuk memperoleh kemenangan. ”Saya profesional, jadi tetap menargetkan kemenangan,’’ kata pelatih asal Brasil itu.

BACA JUGA: Persib Kalah, Peluang PSMS ke 8 Besar Terbuka Lebar

Di sisi lain, pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera menginstruksijan pemainnya untuk tampil habis-habisan.

’’Kami akan main seperti biasanya, menguasai pertandingan jadi ciri khas Persebaya,’’ ujarnya.

Seperti biasa, Alfredo tidak peduli dengan materi pemain lawan yang bertabur bintang. Dia hanya berfokus kepada tim sendiri.

Persebaya menggelar latihan tertutup dalam tiga hari terakhir. Bukan hal yang biasa dilakukan klub berjuluk Green Force itu sebelumnya.

Tampaknya, Persebaya benar-benar ingin memaksimalkan kesempatan untuk menekuk Madura United. Latihan tertutup dimanfaatkan Alfredo guna mematangkan strategi.

Pelatih asal Argentina itu menyambut gembira kembalinya Irfan Jaya dan Osvaldo Haay setelah mengikuti pemusatan latihan timnas U-23.

Kehadiran dua pemain tersebut menajamkan lini serang Persebaya. Bahkan, Irfan langsung mencetak gol saat melawan Perseru Serui (23/1).

Kiper Miswar Saputra bisa kembali dimainkan setelah terkena kartu merah pada laga perdana melawan PS Tira (18/1).

Secara umum, komposisi starter Persebaya tidak banyak berubah. Rishadi Fauzi menjadi ujung tombak. Irfan Jaya dan Ferinando Pahabol beroperasi di sisi sayap.

’’Semua pemain sangat siap. Hanya minus Hidayat yang cedera dan Fandi (Eko Utomo, Red) yang belum bisa main,’’ jelas Alfredo.

Kalau Persebaya sangat serius hingga menjalani latihan tertutup, skuad Madura United terlihat lebih enjoy.

Kemarin sore Laskar Sape Kerrab –julukan Madura United– menjalani official training di Stadion Gelora 10 November.

Fachruddin Ariyanto dkk hanya melakukan latihan ringan dengan game separo lapangan selama dua jam.

Gomes, tampaknya, akan menurunkan formasi baru ketika meladeni Persebaya. Sangat mungkin, Greg Nwokolo tidak menjadi starter.

Padahal, dia selalu mencetak gol saat melawan Perseru (dua gol) dan PS Tira (satu gol). Justru, pemain-pemain baru seperti O.K. John, Raphael Maitimo, dan Cristian Gonzales diprediksi turun sejak awal.

Gomes tidak menampik kemungkinan melakukan rotasi. Bahkan, pemain muda dalam timnya bakal dicoba melawan Persebaya.

”Rifad (Marasabessy) yang baru kembali dari timnas mungkin bisa dimainkan. Lihat saja nanti bagaimana,’’ tuturnya.

Sementara itu, Manajer Madura United Haruna Soemitro menegaskan bahwa timnya tidak akan main-main. Laga tersebut menjadi ajang pembuktian. Publik boleh mengunggulkan Madura United. Namun, Persebaya tidak bisa disepelekan.

’’Dilihat saja situasi di lapangan seperti apa. Apakah tim kami bisa unggul dengan materi yang punya pengalaman banyak itu,’’ katanya. (rid/yan/c16/ca)

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar (g); 22-Abu Rizal, 5-Otavio Dutra, 21-Fandry Imbiri, 14-Ruben Sanadi; 12-Rendi Irwan (k), 90-Nelson Alom, 6-Misbakus Solikin; 11-Ferinando Pahabol, 26-Rishadi Fauzi, 41-Irfan Jaya

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Madura United (4-3-3): 1-Angga Saputro (g); 6-Rendika Rama, 5-Munhar, 15-Fabiano, 32-Beny Wahyudi; 44-O.K. John, 9-Raphael Maitimo, 25-Marcel Sacramento; 21-Patrick N'Koyi, 20-Christian Gonzales, 23-Bayu Gatra

Pelatih: Gomes de Oliviera

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Live Indosiar pukul 15.30 WIB

BACA ARTIKEL LAINNYA... Takluk dari 10 Pemain PSM, Persib Gagal Lolos ke 8 Besar


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler