Hadiri Acara Mapenta Pemuda Katolik Jabar, Wali Kota Ajay: Kota Cimahi Miniatur Indonesia

Selasa, 14 Juli 2020 – 02:10 WIB
Pemuda Katolik Komda Jawa Barat menggelar Mapenta dan Muskomcab Pemuda Katolik Komcab Kota Cimahi pada Sabtu, 11 Juli 2020 di Aula Gedung A, Pemerintahan Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat. Foto: Dok. Pemuda Katolik Komda Jabar

jpnn.com, CIMAHI - Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat telah sukses menggelar Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Cimahi.

Acara yang berlangsung pada Sabtu, 11 Juli 2020 di Aula Gedung A, Pemerintahan Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat ini mengusung tema "Membangun Organisasi Mandiri Dalam Memperkuat Ormas Pemuda Katolik."

BACA JUGA: Pemuda Katolik Salurkan Bantuan Sosial Presiden Kepada Masyarakat

Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat Edi Silaban menjelaskan Mapenta dan Muskomcab ini adalah mekanisme organisasi dalam membentuk Pemuda Katolik di Kota Cimahi karena adanya kekosongan kepengurusan dan menetapkan program di tingkat cabang.

"Mapenta dan Muskomcab ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokoler kesehatan yang ketat" ujar Edi seperti dilansir dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Berdamai dengan Covid-19, Pemuda Katolik: Lawan Sambil Tetap Produktif

“Pemuda Katolik Jawa Barat berkomitmen untuk terus menjalankan mandat organisasi dengan melakukan kaderisasi orang muda Katolik hingga nantinya menjangkau seluruh daerah Propinsi Jawa Barat,” kata Edi.

Terkait tema kegiatan ini, Edi menjelaskan berangkat dari belum terbentuknya Komcab Kota Cimahi yang ke depan usai dibentuk dapat berdiri secara mandiri sehingga dapat memperkuat arah dan gerak Pemuda Katolik.

BACA JUGA: Pindah Agama dan Ganti Nama Ungkap Dugaan Benih Radikalisme di Sikka

Sementara itu, Wali Kota Kota Cimahi, H. Ajay Muhammad Priatna menyampaikan Kota Cimahi merupakan miniatur dari Indonesia yang sangat heterogen.

Menurutnya, intoleransi tidak boleh hidup di Kota Cimahi. Di sisi lain, daerah ini memiliki sumber daya manusia melimpah dimana 40 persen penduduk merupakan para pemuda.

"Maka sebagai orang muda, mari bersama-sama memberikan dampak positif untuk membangun Kota Cimahi," tandas Ajay.

Senada dengan Wali Kota Ajay, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menegaskan sebagai orang muda harus semangat.

Dia berpesan agar Pemuda Katolik dapat mengambil bagian dalam memberi nilai-nilai kebaikan untuk memajukan Kota Cimahi.

“Kontribusi aktif dengan tetap menjunjung nilai-nilai nasionalis, religius dan berbudaya," tambah Didik.

Suasana Muskomcab Kota Cimahi, Sabtu (11/7/2020). Foto: Pemuda Katolik Komda Jawa Barat

Turut hadir menjadi narasumber Mapenta di antaranya Anggota DPRD Jawa Barat Rafael Situmorang, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Bandung Romo Wahyu, Dewan Pakar PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma dan Wasekjen Bidang Organisasi PP Pemuda Katolik Asta Ivo Sembiring.

Memasuki Mukomcab terdapat rekomendasi-rekomendasi baik internal dan eksternal yang akan dikerjakan. Upaya ini tentu membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Dalam forum Muskomcab, Yosua Yosianto terpilih sebagai Ketua Komcab Kota Cimahi 2020-2023.

Turut mengundang dalam acara seperti Anggota DPRD Kota Cimahi Freddy Siagian, Ketua KNPI Kota Cimahi Yusuf Hendriyana, Tokoh Masyarakat Kota Cimahi Sry Budhi Rahayu dan Deddy Parera.

Dalam kegiatan ini hadir para kader Pemuda Katolik di antaranya Pengurus Pemuda Katolik Komda Jawa Barat dan jajaran Pemuda Katolik Komcab Kota Bandung.

Dalam kesempatan itu, Panitia Pelaksana Alexander J. Ricky sekaligus Pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) Bandung Raya mengucapkan terima kasih atas atensi dan perhatian Pemkot Cimahi sehingga acara dapat digelar di pusat Pemerintahan Kota Cimahi.

"Semoga hubungan ini dapat berjalan dengan baik," ucap Ricky.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler