Hadiri HUT PGRI, Presiden Jokowi Sampaikan Pesan Penting Ini untuk Para Guru

Sabtu, 03 Desember 2022 – 17:36 WIB
Presiden Jokowi menghadiri puncak peringatan HUT Ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 di Kota Semarang. Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

jpnn.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengapresiasi peran para guru yang terus mengawal masa depan bangsa lewat pendidikan bagi anak-anak Indonesia dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberi sambutan pada puncak peringatan HUT Ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 di Kota Semarang,  Sabtu (3/12).

BACA JUGA: Ketum PGRI: Presiden Jokowi Selalu Hadir Menenangkan Para Guru

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, terima kasih atas kerja keras bapak, ibu guru semuanya saat pandemi, dan terima kasih telah mengawal masa depan anak-anak kita selama pandemi dan terima kasih telah mengawal masa depan bangsa, negara lewat pendidikan kepada anak didik kita," kata Presiden Jokowi.

Pria asal Solo utu menyadari bahwa selama pandemi Covid-19, para guru, dosen, dan tenaga kependidikan dihadapkan pada masa-masa yang berat.

BACA JUGA: Jokowi ke Jawa Tengah, Bajunya Kompakan dengan Ganjar Pranowo

Menurutnya, pembelajaran harus dilakukan secara daring dengan segala keterbatasan di lapangan.

Presiden Jokowi bersyukur kini pandemi telah bisa dikendalikan sehingga aktivitas dan ekonomi bisa kembali pulih.

BACA JUGA: Jalankan Arahan Presiden Jokowi, PLN Siapkan Pasokan Listrik Untuk Hilirisasi Industri

"Alhamdulillah karena vaksin yang telah disuntikkan kepada masyarakat sebanyak 440 juta suntikan vaksin yang diberikan, pandemi Covid bisa dikendalikan dan ekonomi juga bisa kembali pulih seperti sebelum Covid. Ini yang patut disyukuri," imbuhnya.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa di tengah arus perubahan yang sangat cepat, para guru dituntut meningkatkan kapasitas, mampu beradaptasi dengan teknologi pendidikan yang makin canggih.

Selain itu, guru juga harus menguasai pengetahuan dan keterampilan baru yang relevan dengan tantangan serta kebutuhan dunia yang berubah dengan cepat. Sebab, pandemi dan berbagai krisis global turut mempercepat digitalisasi.

"Oleh sebab itu, saya minta sekali lagi, update informasi itu sangat dibutuhkan agar anak didik juga bisa diberikan informasi yang terkini," lanjutnya.

Menurut Jokowi, pemerintah pun terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan guru melalui berbagai program, yaitu Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar, dan Guru Penggerak.

Dia menekankan bahwa program utama pemerintah adalah melakukan transformasi pendidikan untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di seluruh pelosok Tanah Air.

"Selamat Hari Ulang Tahun PGRI yang ke-77 dan selamat Hari Guru Nasional dan terima kasih kepada para guru yang telah bekerja dengan dedikasi terbaik dan terima kasih telah mendidik generasi penerus bangsa untuk selalu mencintai bangsa, negara, dan tanah air Indonesia," tutup Jokowi. (esy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler