Hadiri Perayaan Diwali, Bamsoet Ajak Bangun Solidaritas & Soliditas Kebangsaan

Senin, 13 November 2023 – 20:03 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menghadiri perayaan Diwali (Deepavali) yang diselenggarakan oleh keluarga besar Harjani. Foto: MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menghadiri perayaan Diwali (Deepavali) yang diselenggarakan oleh keluarga besar Harjani, pendiri PK Entertainment yang merupakan promotor konser Coldplay dan penyanyi Ed Sheeran di Indonesia.

Perayaan Diwali melambangkan kemenangan kebaikan (Dharma) atas keburukan (Adharma), serta melambangkan perayaan serta harapan manusia.

BACA JUGA: Timnas U-17 Indonesia Imbangi Ekuador 1-1, Bamsoet: Hasil Seri Ini Patut Diapresiasi

Diwali merupakan acara festival cahaya bagi umat Hindu, dirayakan di seluruh India, dengan menyalakan lampu, lampion, dan kembang api untuk menandai kemenangan cahaya atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan, dan kearifan atas kebodohan.

"Perayaan Diwali atau hari kemenangan bagi umat Hindu bisa menjadi momentum untuk mewujudkan harmoni dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, serta membangun solidaritas dan soliditas kebangsaan," ujar Bamsoet seusai menghadiri perayaan Diwali (Deepavali) yang diselenggarakan oleh keluarga besar Harjani, di Jakarta, Minggu malam (12/11).

BACA JUGA: Ketua MPR Bamsoet Dorong Peningkatan Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Tidak Tetap

Dia memambahkan setiap perbedaan latar belakang agama, suku, dan budaya bukanlah penghalang bagi dirinya untuk bersatu dan bukanlah penghalang untuk hidup rukun dalam keharmonisan.

"Perbedaan juga bukan penghalang untuk hidup saling menghormati, saling membantu, saling tolong menolong, dan membangun solidaritas sosial yang kokoh," tuturnya.

BACA JUGA: Puji Kesiapan RI jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Bamsoet Sampaikan Harapan Begini

Hadir dalam acara keluarga besar Raam Jethmal Punjabi tersebut antara lain Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Wakapolda Metro Jaya Brigjen. Pol. Suyudi Ario Seto dan lain-lain.

Wakil Ketua Partai Golkar itu menjelaskan, berbagai perbedaan tersebut tidak harus diseragamkan, tidak juga harus ditiadakan.

Semua perbedaan dan keragaman justru harus diikat oleh persaudaraan sejati.

Diikat oleh kebersamaan, diikat oleh kesadaran yang kuat bahwa adalah saudara sebangsa dan se-Tanah Air.

"Terlebih tidak lama lagi kita akan segera menyambut pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024. Pada beberapa kali penyelenggaraan Pemilu, hampir selalu  menyisakan residu persoalan di tengah tengah masyarakat," imbuhnya.

"Karena itu, diperlukan sikap kedewasaan dan kebijaksanaan dari segenap pemangku kepentingan, untuk tidak memperkeruh kondisi dengan berbagai kegaduhan yang tidak perlu, yang jutsru merugikan kehidupan rakyat," sambung Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, segenap komponen bangsa, termasuk seluruh umat beragama, memiliki tanggung jawab kolektif yang sama, untuk menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi agar berjalan secara tertib, lancar, jujur, adil, dan berkualitas.

"Umat beragama seyogyanya menjadi mitra strategis pemerintah, dalam menjaga agar aktualisasi kehidupan berpolitik tidak bersinggungan dengan isu-isu sensitif yang dapat menimbulkan kesalahpahaman, dan memicu konflik horisontal," pungkas Bamsoet. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bamsoet Apresiasi Kesuksesan Pelaksanaan Indonesian Drift Series 2023


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler