Hadiri Perayaan Imlek, AHY Disambut Hangat Umat Konghucu

Senin, 26 Februari 2018 – 11:41 WIB
Agu Harimurti Yudhoyono dan istri, Annisa Pohan saat menghadiri perayaan Imlek 2569 di Taman Mini Indoensia Indah. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut menghadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2569 di Teater Garuda Taman Indonesia TMII, Jakarta Timur, Minggu (25/2).

Acara yang diselenggarakan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) tahun ini mengambil tema renungan: "Kesempatan Tidak Sebanding dengan Keuntungan Keadaan Tempat. Keuntungan Keadaan Tempat Tidak Sebanding Dengan Persatuan Orangnya".

BACA JUGA: Ini Aturan yang Diberikan Anak untuk Annisa Pohan

Ketua Umum Matakin, Uung Sendana mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran AHY di tengah-tengah umat Konghuchu.

"Mudah-mudahan tali silaturahmi ini semakin baik. Kesannya sangat mendalam, dan tentu saja umat Khonghucu sangat berterima kasih sekali atas kehadiran AHY," ungkap Uung usai acara.

BACA JUGA: Zulkifli Siap jadi Cawapres, AHY Fokus Elektabilitas

Annisa Pohan bersama suami, Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Penilik Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Alim Sugiantoro saat diwawancarai.

BACA JUGA: Dua Utusan Megawati Bakal Bertemu Agus Harimurti

Ini adalah ketiga kalinya AHY memenuhi undangan organisasi umat Khonghucu terbesar di Indonesia ini. Sebelumnya, pada Februari 2017 silam, AHY juga menghadiri perayaan Imlek Matakin di Teater Bhinneka Tunggal Ika, TMII. Sementara pada Desember 2016, AHY silaturahmi dengan umat Khongucu di Klenteng Kong Miao, TMII.

"Senang bisa hadir kembali. Tahun lalu juga saya menghadiri acara perayaan Tahun Baru Imlek Matakin. Tentunya saya mendoakan semoga umat Khonghucu, saudara-saudara kita yang merayakannya juga diberikan kebahagiaan dan semoga tahun ini menjadi berkah untuk kita semuanya," kata AHY kepada para awak media.

"Sesuai dengan tema besar yang diangkat, menjaga kesatuan diantara perbedaan dan keberagaman yang dimiliki oleh kita, menjadi suatu yang mutlak karena kita ingin semakin sejahtera dan itu semua membutuhkan sebuah solidaritas, persatuan diantara perbedaan yang kita miliki ini," lanjut AHY yang hadir didampingi sang istri Annisa Pohan.

Sementara itu, perwakilan dari Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro mengaku bersyukur perayaan Imlek tahun ini berlangsung meriah.

“Di sini saya hanya sebagai ketua kehormatan panitia Imlek tahun ini. Tahun Anjing tanah ini keadaan Indonesia tetap tenang, hanya ada berita-berita yang tidak benar saja. Tapi keadaannya aman,” tutur Alim.

“Matakin dalam hal ini terus berupaya untuk mendamaikan seluruh rakyat Indonesia agar negara tetap dingin, karena negara kita cuma satu, bahasa juga satu. Enggak ada yang lain,” tandasnya.

Acara perayaan Imlek kali ini dihadiri ribuan umat Khonghucu yang mewarnai Teater Garuda dengan pakaian adat khas Tiongkok bermotif serba merah-kuning-emas.

Bersama ribuan undangan yang hadir, AHY menyaksikan beberapa atraksi seperti kolaborasi Barongsai, Liong, dan tarian Lampion.

Turut menghadiri acara ini diantaranya, Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Sosial Idrus Marham, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.(mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Agus Harimurti Yudhoyono Makin Moncer, nih Datanya


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler