Hadiri Soft Launching Indonesia Toys Paradise, Bea Cukai Tegaskan Dukung Industri Kreatif

Selasa, 06 Agustus 2024 – 16:34 WIB
Acara soft launching Indonesia Toys Paradise yang berlangsung di Hall Indonesia Toys Paradise, Dupak Center, Surabaya pada Kamis (1/8). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur I Untung Basuki menghadiri acara soft launching Indonesia Toys Paradise yang diadakan di Hall Indonesia Toys Paradise, Dupak Center, Surabaya pada Kamis (1/8).

Acara ini turut dihadiri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Forkopimda, perwakilan dari TNI-Polri, serta aparat penegak hukum lainnya.

BACA JUGA: Penjelasan Bea Cukai Soal Aturan Baru Pembebasan Bea Masuk Impor Benih, Tolong Dipahami!

Tidak hanya tokoh lokal, peserta dari dalam dan luar negeri juga berpartisipasi dalam acara ini.

CEO Tritunggal Abadi Jaya Indonesia Hardy Pangdani dalam sambutannya mengatakan pameran ini akan berlangsung sepanjang tahun dengan menampilkan produk mainan dari produsen dalam dan luar negeri.

BACA JUGA: Bea Cukai Bogor Edukasi Masyarakat dan Satpol PP Agar Kenali Ciri-ciri Rokok Ilegal

Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Timur I Untung Basuki memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya acara ini.

"Kegiatan ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendukung industri kreatif di Indonesia, khususnya di Jawa Timur," ujar Untung.

BACA JUGA: Bea Cukai Belawan Siap Beri Pelayanan Optimal Impor Barang Konsulat AS di Medan

Dia menyampaikan pemerintah memberikan insentif fiskal untuk barang-barang pameran yang berasal dari luar negeri dengan ketentuan barang tersebut akan diekspor kembali sehingga tidak dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI).

"Selain itu, ada insentif prosedural, yang mana kami akan menyiapkan gudang khusus untuk memfasilitasi barang dari bandara maupun pelabuhan ke gudang penyimpanan agar bisa langsung dilakukan display," terangnya.

Tempat penyelenggaraan pameran berikat (TPPB) yang telah ditetapkan Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur I ini diharapkan dapat mengembangkan perekonomian dengan menarik pembeli dari seluruh Indonesia maupun luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

Indonesia Toys Paradise diharapkan dapat menjadi ajang promosi yang efektif bagi UMKM industri mainan di Indonesia sekaligus membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak.

“Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan instansi terkait, Indonesia Toys Paradise diharapkan menjadi salah satu pameran terbesar dan terbaik di Asia Tenggara,” pungkas Untung. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler