Hadiri Upacara HUT ke-67 Kemerdekaan RI di IKN, Dirut Pertamina Sampaikan Hal Ini

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 16:33 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menghadiri upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI bersama Presiden Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8).

Nicke mengatakan Pertamina mendukung pembangunan IKN sebagai ibu kota baru yang unggul, maju, berkelas dunia dan ramah lingkungan.

BACA JUGA: Pertamina Salurkan BBM ke Labuan Bajo dengan Distribusi Khusus

"Visi IKN dan tema HUT Kemerdekaan, yakni Nusantara Baru Indonesia Maju selaras dengan visi Pertamina menjadi perusahaan maju kelas dunia yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan," ujarnya.

Nicke menambahkan Pertamina terus melakukan inovasi di bidang energi baru terbarukan sebagai bisnis masa depan yang menjanjikan.

BACA JUGA: Sambut Hari Kemerdekaan, Pertamina Perkuat Distribusi BBM dan LPG di IKN

Strategi bisnis energi hijau ramah lingkungan menjadi salah satu fokus Pertamina, untuk memenuhi kebutuhan energi, sekaligus mendukung tercapainya target Pemerintah Indonesia dalam Net Zero Emission 2060.

Menurut Nicke, Pertamina mendukung kesuksesan peringatan HUT Kemerdekaan RI di IKN sebagai sejarah baru dalam perjalanan bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Pertamina dan Siemens Energy Siap Berkolaborasi Wujudkan Transisi Energi Berkelanjutan

Sebagai BUMN yang bergerak di bidang energi, Pertamina memastikan kebutuhan energi di IKN tersedia secara memadai.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan berbagai upaya telah disiapkan Pertamina, mulai dari kesiapan dalam penyediaan dan distribusi BBM dan LPG, penyaluran gas untuk api abadi hingga fasilitas kesehatan untuk tamu-tamu negara yang hadir pada upacara di IKN.

“Untuk menjamin ketersediaan BBM dan LPG di Ibukota Negara Subholding Commercial & Trading membentuk Satuan Tugas selama satu bulan, mulai 1 Agustus 2024 hingga 31 Agustus 2024,” imbuh Fadjar.

Pertamina juga telah memasang instalasi dan pengaliran gas bumi ke Monumen Taman Kusuma Bangsa.

Saluran gas bumi di Beranda Nusantara ini menggunakan dua tabung C-Cyl berkapasitas 24 meter kubik yang akan membuat api abadi menyala selama 24 jam setiap hari.

Penggunaan gas bumi di Monumen Taman Kusuma Bangsa akan mendukung langkah Pertamina dalam menjadikan gas sebagai energi transisi yang lebih bersih dan ramah lingkungan

Dalam rangka memastikan pasokan energi yang stabil dan andal di IKN, lanjut Fadjar, Subholding Gas mengkombinasikan infrastruktur pipeline dan beyond pipeline yang telah dibangun di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sub WP 1A.

Selain itu mengoptimalkan moda beyond pipeline dengan menggunakan Compressed Natural Gas (CNG) yang diangkut melalui Gaslink Cylinder.

Hingga saat ini progres Shelter yang telah terpasang mencapai 77 persen dari total 34 unit Gaslink Cylinder yang diproyeksikan menyalurkan gas bumi sebesar 4.583 meter kubik per bulan pada Agustus 2024.

“Pada beberapa lokasi strategis di IKN telah terpasang Gaslink Cylinder, seperti di Rumah Jabatan Menteri (RTJM), Istana Negara, Istana Garuda, kantor Sekretariat Presiden, serta berbagai fasilitas pemerintah lainnya,” imbuh Fadjar.

Selain itu, tambahnya, anak usaha Pertamina Bina Medika yang tergabung dalam Holding Rumah Sakit BUMN (IHC) juga menyiagakan Tim Medis terbaiknya untuk mendukung pelaksanaan HUT ke 79 RI di IKN.

Melalui Rumah Sakit Pertamina Balikpapan yang berlokasi di Kalimantan Timur, Pertamina menyiagakan satu unit ambulance beserta tenaga medis yang terdiri dari dua dokter umum, tiga perawat, dan satu pengemudi ambulans.

Tim medis yang dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan yang memadai telah berada di IKN sejak 14-18 Agustus 2024.

“Tim medis ini akan bersiaga di ruang VIP Istana Negara yang dilengkapi dengan Mini ICU, yang khusus disiapkan untuk melayani kebutuhan medis para tamu VIP,” pungkas Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler