Hadirkan Inovasi yang Selaras Dengan Lingkungan & Sosial, PLN IP Dapat Pengakuan Khusus

Jumat, 09 Agustus 2024 – 15:16 WIB
PLN Indonesia Power (PLN IP) meraih penghargaan. Foto PLN IP

jpnn.com, BALI - Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan sebagai subholding generation company terbesar se-Asia Tenggara PLN IP menjalankan setiap kegiatan bisnisnya dengan berpegang pada prinsip kelestarian lingkungan dan pengembangan sosial kemasyarakatan, acuan tersebut pun diterapkan pada inovasi yang dilakukan korporasi.

Hal tersebut diwujudkan korporasi salah satunya melalui berbagai inovasi yang menciptakan dampak berganda bagi masyarakat dan lingkungan.

BACA JUGA: Berkat Inovasi Cofiring PLN IP, Kesejahteraan Masyarakat Meningkat

"Inovasi yang kami lakukan tak hanya demi kemajuan korporasi, namun juga selalu mempertimbangkan peningkatan kualitas lingkungan serta sosialnya," ujar Edwin.

Edwin menuturkan kualitas lingkungan harus dijaga sebab PLN Indonesia Power berkomitmen dalam menahan laju pemanasan global, sehingga pelestariannya harus dilakukan secara beriringan dengan kegiatan operasional perusahaan.

BACA JUGA: AceBlue Solusi Ramah Lingkungan untuk Mengurangi Emisi Gas Buang

"Menjalankan bisnis perusahaan secara berkelanjutan sudah menjadi visi misi PLN Indonesia Power, tidak hanya menghadirkan pasokan listrik yang andal, namun juga terus berkontribusi terhadap kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," tutur Edwin.

Atas konsistensinya dalam melakukan inovasi lingkungan dan sosial yang berkelanjutan, 17 unit bisnis pembangkitan, PLN Indonesia Power meraih 34 penghargaan Environmental & Social Innovation (ENSIA) Award 2024 baik pada kategori inovasi lingkungan, inovasi sosial maupun local hero inspiratif.

BACA JUGA: SIG Berkomitmen Menerapkan Praktik Terbaik GCG di Setiap Kegiatan Operasionalnya

Hal ini membuktikan bahwa PLN Indonesia Power sangatkan konsen terhadap kelestarian lingkungan serta sosial kemasyarakatan.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Alue Dohong menuturkan dengan adanya ENSIA Award ini diharapkan kepada pelaku usaha terus melakukan inovasi.

"Saya yakin dengan adanya ENSIA ini, mendorong para pelaku usaha untuk melakukan inovasi lingkungan dan sosial, dan ini sangat erat kaitannya dengan PROPER yang dilakukan oleh KLHK, saya harap dengan ENSIA dapat menunjang perolehan proper pada penghargaan tingkat nasional nanti," sebutnya.

Pada 2023 PLN Indonesia Power torehkan prestasi gemilang di ajang tahunan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), 13 Proper Emas berhasil direngkuh.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya korporasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang berlandaskan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), serta bentuk dukungan korporasi kepada Pemerintah dalam mewujudkan target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler