Hadirkan Semangat Keberagaman di DKI, Anies Baswedan Sahabat Gereja Pantekosta

Kamis, 30 November 2023 – 20:59 WIB
Capres Anies Baswedan menghadiri seminar kebangsaan dalam rangka Mubes IX Persatuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) Tahun 2023 di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/11). Foto: Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Capres Anies Baswedan memiliki hubungan yang baik dengan tokoh dan kelompok pemuka agama di Jakarta. Salah satunya dengan umat Kristiani.

Hal itu terlihat saat Anies diundang dan dipersilakan berpidato di seminar kebangsaan dalam rangka Mubes IX Persatuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) Tahun 2023 di kawasan Kalapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/11).

BACA JUGA: Jika Anies-Muhaimin Menang Pilpres 2024, Proyek IKN Dikaji Ulang

Dalam acara itu Anies menceritakan kedekatannya dengan umat Kristiani saat menjadi gubernur DKI.

Capres nomor urut 1 tersebut mengungkapkan bahwa dirinya beberapa kali bertemu dengan pihak umat Kristiani untuk membicarakan tentang Jakarta.

BACA JUGA: Anies Datangi GBI Mawar Sharon, Ada Oknum Berusaha Halangi Peliputan Wartawan

"Lima tahun di Jakarta kemarin adalah lima tahun yang teduh, damai dan tenang itu karena kerja-kerja bersama yang luar biasa. Bukan kerja satu orang. Karena ada pihak-pihak yang berperan di belakangnya. Kerja mereka tak terlihat karena bekerja dalam senyap, tapi hasil kerja mereka dirasakan," ujar Anies.

Menurut Anies, selama bertugas di Jakarta prinsip yang dipegang adalah keadilan dan kesetaraan.

BACA JUGA: Pakar: Anies Bakal Menang Pilpres 2024

Semua fasilitas dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI kala itu setara untuk semua.

Mulai dari realisasi program BOTI atau Bantuan Operasional Tempat Ibadah hingga memberian izin untuk rumah ibadah.

"BOTI itu diberikan kepada tempat ibadah semua agama. Begitu juga untuk pekerja-pekerja di rumah-rumah ibadah. Makanya kami sampaikan terima kasih karena PGPI sampai saat ini terlibat untuk memastikan Jakarta tetap aman, kondusif," jelas Anies.

Tak cukup sampai di situ, lanjut Anies, Pemprov DKI yang dipimpinnya kalau itu juga memberikan ruang yang setara bagi semua agama untuk merayakan hari besar mereka.

Sebab Anies berprinsip bahwa persatuan yang sesungguhnya adalah persatuan yang ditopang oleh rasa keadilan dan perlindungan untuk semua.

"Nah, ini juga semangat yang akan kami bawa ke tingkat nasional supaya kerukunan, kedamaian itu ditopang dengan rasa keadilan. Negara harus hadir melindungi semua masyarakat Indonesia," tegas Anies.

Capres yang diusung Nasdem, PKS, dan PKB itu menyatakan bahwa negara harus memandang seluruh pemeluk agama sebagai warga negara yang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan.

Semangat tersebut harus hadir di semua daerah di Indonesia.

"Kami yakin dengan spirit menjaga suasana persatuan dengan menghadirkan keadilan maka ketenangan akan hadir di seluruh daerah di Indonesia," papar Anies.

Ketua PGPI DKI Pdt. Jason Balompapueng mengungkapkan bahwa pihaknya merasa berhutang kepada Anies terhadap yang pernah dilakukan mantan rektor Universitas Paramadina itu di Jakarta.

"Kami memberikan kebebasan kepada semua anggota di seluruh Indonesia. Yang pasti beliau (Anies) adalah sahabat PGPI DKI Jakarta dan nasional dan juga kami mengundang semua calon (hadir di Mubes IX PGPI)," kata Pdt. Jason Balompapueng. (jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler