Hans Songjanan Bertemu Jenderal Dudung, Hillary Lasut Berterima Kasih

Rabu, 13 April 2022 – 19:29 WIB
Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat foto bersama Henz Songjanan di Auditorium Kampus Universitas Pattimura, Kota Ambon, Rabu, (13/4/2022) Foto: Tim Ahli Hillary Brigitta Lasut

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman mewujudkan mimpi Henz Songjanan menjadi prajurit TNI AD.

Henz Songjanan diketahui sempat dipecat lantaran orang tuanya diduga memalsukan identitas.

Jenderal Dudung yang mengetahui hal itu memanggil kembali Henz Songjanan sebagai prajurit siswa Secata PK Rindam XVI/Pattimura.

Selanjutnya, Henz Songjanan bakal dilantik sebagai prajurit TNI AD. 

"Minggu depan dia (Henz Songjanan) akan segera dilantik," kata Jenderal Dudung dalam siaran pers Dispenad, Rabu (13/4). 

KSAD menyampaikan itu seusai memberikan kuliah umum di Auditorium Kampus Universitas Pattimura, Kota Ambon, Rabu (13/4).

Jenderal bintang empat ini menjelaskan dalam pelaksanaan pendidikan, tidak serta merta hasil tes administrasi ditetapkan saat itu saja.

Namun, penilaian hasil akan terus dilakukan pengecekan selama dalam pendidikan oleh para Babinsa dan intelijen di lapangan.

Salah satu hasilnya diketahui ada hal yang dilanggar oleh orang tua Henz, khususnya bapaknya yang masih berkebangsaan Myanmar.

Setelah mempelajari permasalahan ini, Jenderal Dudung mengambil kebijakan memanggil dan mengembalikan status prajurit siswa kepada Henz Songjanan.

Menurutnya, Henz yang lahir dan besar di Maluku tidak mengerti apa-apa terhadap permasalahan status kependudukan orang tuanya.

Anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut mengungkapkan Henz langsung pergi dari Maluku Tenggara ke Kota Ambon untuk bertemu langsung KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Hillary mengapresiasi keputusan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman yang memanggil kembali Henz Songjanan.

"Saya sebagai anggota DPR RI Fraksi NasDem mengapresiasi respons dan kinerja hebat Bapak KSAD yang menerima kembali Henz sebagai prajurit TNI," kata Hillary dalam keterangannya, Rabu (13/4).

Politikus Partai NasDem itu mengapresiasi langkah cepat pimpinan TNI dalam merespons kasus Henz Songjanan.

"Saya selaku anggota DPR RI mewakili segenap warga masyarakat khususnya keluarga Henz J Songjanan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Panglima TNI dan Bapak KSAD," lanjutnya.

Legislator dari Dapil Sulawesi Utara berharap semoga itu menjadi langkah konkret agar setiap generasi muda Indonesia memiliki kesempatan yang sama menjadi anggota TNI.

"Semoga setiap anak muda Indonesia yang memiliki kemampuan dapat meraih cita-citanya khususnya sebagai Prajurit TNI sebagai bentuk kecintaan nya terhadap negara kesatuan Republik Indonesia," pungkas perempuan berambut pirang itu.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut melalui staf ahli-nya Fauzan Rahawarin mengirimkan surat kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, dan Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Senin (11/4).

Dalam suratnya, Hillary meminta Hans Songjanan tetap dilantik sebagai anggota TNI.(mcr8/jpnn)

BACA JUGA: Jenderal Dudung Mewujudkan Mimpi Henz Songjanan jadi Prajurit TNI AD

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kronologis Kecelakaan Rombongan Jenderal Dudung, Mobil Oleng, Penumpang Terlempar


Redaktur : Friederich Batari
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler