Hanya Empat Kabupaten/Kota Terima CPNS Jalur Umum

Rabu, 04 September 2013 – 01:34 WIB

jpnn.com - NGAMPRAH - Banyak masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara nasional tahun ini.

Padahal, di tahun ini KBB tak melakukan tes CPNS dari formasi umum. Yang ada hanyalah CPNS formasi  honorer kategori dua (K2).

BACA JUGA: Kawal Pilgub Riau, JE-MM Siapkan Dua Saksi Tiap TPS

"Masyarakat mengira di Bandung Barat membuka CPNS dari formasi masyarakat umum, padahal tidak membuka," ungkap Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bandung Barat, Wawan Herawan, kemarin (3/9).

Sepengetahuannya, kata Wawan, yang membuka pendaftaran CPNS formasi umum di Jawa Barat hanya di empat Kota/Kabupaten, yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok dan Kota Bandung.

BACA JUGA: Pasca Ditabrak Pontonn, Retak Jembatan Bertambah

Sementara, soal alasan tak adanya penerimaan CPNS dari jalur umum di KBB ditahun ini, jelas Wawan, didasarkan pada keterangan Menpan jika jumlah PNS KBB yang pensiun masih lebih sedikit ketimbang jumlah TKK. "Memang jumlah PNS yang pensiun tidak banyak, dalam satu tahun tertinggi hanya 200 PNS," sebutnya.

Namun begitu, KBB menurutnya, telah mengajukan membuka pendaftaran CPNS formasi umum.

BACA JUGA: Korupsi, Kepala Bappeda Lamtim Ditahan Kejati

"Namun yang ada saat ini hanya tes CPNS honorer  K2, tidak ada dari formasi masyarakat umum,"tegasnya.

Wawan menjelaskan, honorer  K2 merupakan tenaga honorer yang telah mengabdi di kabupaten minimal sejak tahun 2005 atau sebelumnya. Untuk KBB, lanjut Wawan jumlah honorer K2 yang akan ikut serta dalam tes CPNS berjumlah 1.904 pegawai.

Honorer K2 yang akan mengikuti tes CPNS didominasi oleh pegawai Dinas Pendidikan, dengan jumlahnya lebih dari 1.000 honorer K2.  "Disdik yang paling banyak,  guru SD 889, guru SMP 327, guru SMA 112, Setda 19, sisanya SKPD lainnya,"terang Wawan. (mld)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemprov NTT Ingin Tiru Langkah Jokowi Lelang Jabatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler