Hanya Orang Pedesaan yang Puas Terhadap Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2015 – 16:17 WIB
Presiden Joko Widodo. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sudah berjalan satu tahun. Berdasarkan temuan Saiful Mujani Research and Consulting, tingkat kepuasan terhadap Jokowi lebih kuat di pedesaan dibanding perkotaan.

"Tingkat kepuasan di pedesaan cenderung positif yakni 59 persen," kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan saat menyampaikan hasil Survei Evaluasi Publik Nasional Setahun Pemerintahan Jokowi di Jakarta, Selasa (20/10).

BACA JUGA: Loh, Zulkifli Malah Kaget 5 Nama Kader PAN Ini Masuk Bursa Menteri

Sedangkan, diperkotaan, lanjut Djayadi, tingkat kepuasannya cenderung negatif. "Adapun besarannya yakni 43 persen," ucapnya.

Sementara dari segi pendidikan, tingkat kepuasan terhadap presiden hanya bagus di kalangan masyarakat yang berpendidikan rendah yakni tingkatnya SLTP ke bawah.

BACA JUGA: Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi, Oke di Desa, Memble di Kota

"‎Dari segi pendidikan, tingkat kepuasan terhadap presiden positif di kalangan berpendidikan rendah yakni 51-58 persen," ungkap Djayadi.

Dia menerangkan, survei dilakukan pada 7-13 Oktober 2015 terhadap 1.220 responden. Populasi survei adalah seluruh warga Indonesia yang sudah punya hak pilih, yakni mereka yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

BACA JUGA: Warga: Jokowi Bilang Ingin Bantu Wong Cilik, Tapi Nyatanya....

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling. Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bareskrim belum Niat Periksa RJ Lino


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler