Harapkan Publik Tak Terlena Entertainmen Politik

Marwan Ajak Media Konsisten Mendidik Warga

Jumat, 29 November 2013 – 01:01 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Marwan Ja'far berharap publik tidak terjebak pada entertainmen politik yang muncul di media. Menurutnya, entertainmen politik di media telah membuat publik terlena tanpa memperhatikan substansi.

Berbicara pada seminar bertema 'Media Massa Menjelang Pemilu 2014: Antara Profesionalisme dan Pragmatisme' di Kampus Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah, Ciputat, Tangerang, Kamis (28/11), Marwan mengatakan, media membawa misi penting untuk mencerdaskan warga. Sayang, katanya, terkadang hal-hal yang ditampilkan justru bukan substansi karena hanya kemasan luar saja agar terlihat menarik bagi publik.

BACA JUGA: PDIP Serius Hapus Pilkada Langsung

Menurut Marwan, maraknya pemberitaan tentang artis yang banting setir menjadi politisi juga tak lepas dari sisi entertainmen politik. "Munculnya fenomena artis menjadi politisi juga tak terlepas dari pengaruh entertainment politik itu," katanya.

Marwan menambahkan, media massa dan partai politik merupakan hal yang tak bisa dikesampingkan dalam demokrasi. Bahkan ibarat mata uang, keduanya sebagai pilar demokrasi tak bisa dipisahkan.

BACA JUGA: Marzuki Sarankan Jokowi dan Nur Mahmudi Kendalikan Diri

Namun, kata Marwan, sebagian media memang mengalami pergeseran dari cita-cita ideal jurnalisme menuju liberalisasi dan perburuan keuntungan. Sama halnya di yang dialami partai politik, katanya, pergeseran orientasi media itu juga karena keran demokrasi yang terbuka lebar dan tuntutan pasar.  "Jadi apapun bisa terjadi karena pemberitaan di media," ulasnya di depan ratusan mahasiswa.

Karenanya Ketua Fraksi PKB di DPR itu mengajak media tak melupakan misi untuk memberi pendidikan poliitk ke publik. "Rakyat harus kita berdayakan wawasan dan sikap politik mereka melalui media massa yang bertanggung jawab," cetusnya.(jpnn)

BACA JUGA: Proyek Pagar Dikorupsi, Kadis PU Gorut Diperiksa Polisi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marzuki Dorong Organisasi Profesi Dokter Susun Protap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler