Harga Elpiji 12 Kg Belum Normal

Kamis, 09 Januari 2014 – 07:22 WIB
Harga elpiji 12 kilogram belum normal. JPNN.com

jpnn.com - SENGKANG - Meskipun ada kebijakan penurunan harga gas elpiji 12 kg menjadi maksimal Rp120 ribu, namun sejumlah pengecer masih menjual dengan harga Rp140 ribu-Rp150 ribu per tabung. Alasannya, ada yang mengaku  masih barang lama, ada juga yang mengaku belum tahu harga baru.

Namun, tidak sedikit juga yang sudah menjual dengan harga Rp110 ribu di tingkat eceran. Penurunan harga epiji 12 kg membuat sebagian pengecer kembali mengambil pasokan di agen, meskipun belum normal.

BACA JUGA: Tarif Cukai Rokok Tetap, Alkohol Naik

Salah seorang agen penjualan elpiji, Abdul Rauf,  mengatakan harga jual ke pengecer berkisar Rp103 ribu hingga Rp105 ribu per tabung gas, sementara ditingkat pengecer mulai menjual Rp110 ribu.

Untuk stok gas elpiji 12 kg maupun 3 kg masih aman dan pasokannya banyak. Menurut Rauf, penurunan harga sekitar Rp35 ribu hingga Rp37 ribu membuat pengecer mulai kembali mengambil gas di depot miliknya.

BACA JUGA: BI Rate Bisa Tetap

Kepala Bagian  Ekonomi Pemkab Wajo, Sulawesi Selatan, Muhammad Arwes mengatakan gas elpiji 12kg dipasaran belum normal, termasuk harganya. "Masih banyak tabung gas ditingkat pengecer yang kosong, juga  memang masih ada yang ditemukan menjual Rp140 ribu," kata Arwes seperti yang dilansir FAJAR (JPNN Group), Kamis (9/1).

Menurut dia, seharusnya diagen itu maksimal Rp 97 ribu-Rp100 ribu harganya,untuk ditingkat pengecer tidak boleh melewati harga Rp120 ribu. (lin/yan/awa)

BACA JUGA: MS Hidayat Saksikan 3 Juta Ton Bauksit Indonesia di China

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebut Revisi PP Pelaksana UU Minerba dalam Dua Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler