Hari Ini Soal dan LJK Tes CPNS Didistribusikan

Jumat, 01 November 2013 – 09:40 WIB

jpnn.com - PONTIANAK - Soal tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kalimantan Barat selesai dicetak. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kalbar Robertus Isdius menyatakan hari ini, Jumat (1/11), soal dan lembar jawaban komputer akan diserahkan kepada kabupaten dan kota.

 

“Soal untuk honorer K II dan lembar jawaban komputer yang dicetak panselnas sudah sampai di sini dan dititipkan di kantor pos,” ujar Robertus, kemarin.

BACA JUGA: Foto Panas Beredar, Polwan Lampung Dikumpul Kapolda

Robertus menjelaskan penyerahan soal bagi pelamar umum dilakukan di Percetakan Muara Mas. Percetakan tersebut yang mencetak soal ujian tersebut. Sedangkan soal untuk honorer K II dan lembar jawaban komputer dilakukan di kantor pos, tempat menyimpan logistik tersebut.

BACA JUGA: Di Aceh, Stok Buku Nikah Menipis

Penyerahan dan pendistribusian soal ini melibatkan pengawas internal dan eksternal. Pengawas internal berasal dari satuan polisi pamong praja, polisi, inspektorat, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Pamong praja, polisi, dan inspektorat berasal dari kabupaten dan kota. Sedangkan BPKP ada timnya karena instansi tersebut memang bertanggungjawab mengawasi seleksi penerimaan CPNS di seluruh Indonesia,” ungkap Robertus.

BACA JUGA: Jemaah Haji Meninggal di Pesawat

Robertus memastikan soal dalam kondisi aman dan tersegal ketika diserahkan. Soal dan lembar jawaban dari panitia seleksi nasional dibungkus dalam amplop tersegel. Begitu pula soal bagi pelamar umum yang dicetak oleh Percetakan Muara Mas, diberi segel pengaman. Soal juga diberi label dengan keterangan. “Ada segel dan label sehingga tidak mungkin ada pergantian amplop,” katanya.  

Robertus berharap soal langsung dibawa ke kabupaten dan kota setelah diserahkan. Ketika tiba di kabupaten dan kota yang menyelenggarakan penerimaan CPNS, soal dan lembar jawaban komputer harus disimpan di tempat yang aman. Logistik tersebut juga harus dijaga ketat untuk mengantisipasi adanya kebocoran.

“Disarankan disimpan di Polres setempat dan dijaga. Setelah pelaksanaan tes, soal langsung dimusnahkan di tempat masing-masing,” ujar Robertus.

Ia menambahkan jumlah peserta penerimaan CPNS di Kalbar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes sebanyak 26.963 orang. Di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat jumlah pelamar yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti tes sebanyak 4.632 orang.

Ada tiga lokasi tes, yakni GOR Pangsuma sebanyak 2.500 peserta dengan jenjang pendidikan SLTA-D3, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kalbar sebanyak 250 peserta dengan jenjang pendidikan SLTA-D3, dan Sekolah Gembala sebanyak 1.805 peserta, dengan rincian pelamar umum sebanyak 1.757 orang dan 48 orang Tenaga Honorer Kategori II. (uni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nama Peserta Ujian Honorer K2 tak Diumumkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler