Hari Juang Polri 2024, Irjen Iqbal: Kami Siap Mengabdi untuk Indonesia Emas

Rabu, 21 Agustus 2024 – 10:32 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal saat memimpin upacara peringatan Hari Juang Polri 2024, di Mapolda Riau. Foto: Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menjadi pemimpin upacara Hari Juang Polri di halaman depan Mapolda Riau, Rabu (22/8/2024).

Peringatan itu mengangkat tema "Dengan Semangat Hari Juang Polri yang Presisi, Siap Mengabdi Demi Terwujudnya Indonesia Emas 2045".

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, 21 Agustus 2024, Wilayah Ini Berpotensi Diguyur Hujan

Hari juang Polri ini ditetapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam peraturan Kapolri Nomor 95/I/2024 tanggal 22 Januari 2024 dan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 204 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

Dalam peringatan ini, Irjen Iqbal selaku pemimpin upacara membacakan naskah proklamasi polisi.

BACA JUGA: Jalur Lintas Riau-Sumbar Amblas, Begini Situasinya Sekarang

"Proklamasi Polisi, untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menjatakan polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia. Surabaya, 21 Agustus 1945. Atas nama seluruh warga polisi, Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I," Irjen M Iqbal membacakan naskah.

Dia menegaskan, Hari Juang Polisi merupakan momentum penting pemicu semangat polisi untuk melucuti senjata Jepang dan melakukan perlawanan terhadap sekutu.

BACA JUGA: PDIP seperti Dapat Durian Runtuh, Pendukung Anies Berpesta

Peristiwa ini berpengaruh kepada perjuangan daerah di Aceh, Sumut, Sumbar, Sulawesi, Jambi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

“Coba kita renungkan kalau kita hidup pada tahun 1945 di Surabaya waktu itu. Kita mengorbankan jiwa, raga demi kepentingan bangsa dan negara. Korbankan, itu adalah semangat perjuangan para pendahulu kita. Khususnya anggota Polisi Istimewa di Surabaya" tegasnya.

Sudah 79 tahun berlalu, sekarang kemerdekaan sudah dinikmati dengan segala keindahan dan kemewahan. Yang perlu dipetik dalam peringatan ini, untuk menggugah semangat dalam memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa.

"Hari ini perjuangan kita beda, kita mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan materil untuk negara dan bangsa. Renungkan ini semua. Ini momentum strategis dan ini pertama kali dilaksanakan hari juang Polri, kita siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045," tutur Iqbal. (mcr36/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler