Hashim Adik Prabowo Beber Alasan Sebaiknya Pilpres 1 Putaran: Hemat & Harapan Rakyat

Rabu, 31 Januari 2024 – 00:44 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Hashim S Djojohadikusumo. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Hashim Djojohadikusumo meyakini harapan tentang Pilpres 2024 berlangsung satu putaran tidak hanya menjadi keinginan partai pendukung maupun Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Adik kandung Prabowo Subianto itu menyebut pilpres satu putaran juga menjadi harapan mayoritas rakyat.

BACA JUGA: Program Baru Prabowo-Gibran, Hashim: Putihkan Utang Petani dan Nelayan

Hashim menyatakan hal itu dengan merujuk pada temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang memperlihatkan Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas 50,7 persen.

Menurut Hashim, harapan tentang Pilpres 2024 berlangsung satu putaran itu merupakan hal wajar dan masuk akal. “Memang sebaiknya satu putaran,” katanya, Selasa (30/1/2024).

BACA JUGA: Data Riset Analitika: Prabowo-Gibran 51,7%, Pilpres Selesai Satu Putaran

Survei terbaru LSI Denny JA terhadap 1.200 responden menunjukkan elektabilitas Prabowo - Gibran di angka 50,7 persen sehingga berpeluang memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Di bawah Prabowo - Gibran ialah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 22 persen. Adapun Ganjar Pranowo - Mahfud Md memiliki elektabilitas 19,7 persen.

BACA JUGA: Prabowo dan Isu Pelanggaran HAM, Hashim: Saat Jadi Wakil Bu Mega Tidak Disebut

Namun, masih ada 6,9 persen responden yang tidak menjawab. Survei itu memiliki tingkat margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Selain itu, survei teranyar LSI Denny JA itu juga menunjukkan 84 persen responden menginginkan pilpres satu putaran saja. Hanya 10,8 persen responden yang tidak menginginkan pilpres satu putaran.

Hashim pun mengingatkan semua pihak menyikapi hasil survei tersebut sebagai cermin aspirasi rakyat yang harus didengar. Adik kandung Prabowo Subianto itu juga mengharapkan para elite politik juga bersikap bijak, termasuk dalam menyikapi hasil survei yang menunjukkan pilpres bakal berlangsung 1 putaran.

“Datanya, kan, memang seperti itu, bahwa Prabowo-Gibran yang potensial menang satu putaran,” imbuh Hashim.

Menurut politikus berlatar belakang pengusaha itu, kini tugas TKN maupun parpol pendukung Prabowo-Gibran ialah mewujudkan harapan mayoritas masyarakat tersebut.

“Tugas kami sekarang bagaimana menyukseskan aspirasi mayoritas rakyat agar Prabowo-Gibran benar-benar bisa (menang) satu putaran,” ujar Hashim.

Putra begawan ekonomi Profesor Soemitro Djojohadikoesoemo itu mengatakan bukan hanya satu lembaga survei yang menemukan elektabilitas Prabowo - Gibran di atas 50 persen.

Kalaupun hasil Pilpres 2024 nanti masih di kisaran margin of error survei, Hashim menyebut Prabowo-Gibran masih tetap menjadi pemenang.

Namun, Hashim tetap sangat berharap Prabowo - Gibran menang dalam satu putaran.

“Sebagai pribadi dan pengurus partai Gerindra, sudah tentu saya senang jika satu putaran itu bisa terwujud untuk kemenangan Pak Prabowo-Gibran,” ucapnya.

Filantrop pemilik Arsari Group itu menambahkan pilpres satu putaran tidak hanya akan menghemat uang negara Rp 17 trilun, tetapi juga waktu dan energi.

Menurut Hashim, jika Prabowo - Gibran menang dalam satu putaran, capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju itu bisa langsung fokus bekerja.

“Pak Prabowo bisa langsung bekerja dan merangkul kembali semua potensi, kekuatan, dan pihak-pihak yang selama ini mungkin menjadi kompetitor untuk bersatu memajukan bangsa ini,” harapnya.(jpnn.com)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei Polling Insitute: Mayoritas Publik Ingin Pilpres Satu Putaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler