Hasil Survei BRI Micro & SME Index, Para Pelaku UMKM Tetap Optimistis

Kamis, 18 Februari 2021 – 19:46 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso paparkan hasil survei UMKM BMSI. Foto: Humas BRI

jpnn.com, JAKARTA - Para pelaku UMKM masih tetap optimistis menyongsong Kuartal I-2021 meski terdampak pandemi.

Hal ini berdasarkan hasil survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memiliki sampel sebanyak 5.000 responden perusahaan UMKM, yang tersebar di semua sektor ekonomi dan di 33 provinsi.

BACA JUGA: Seperti ini Tantangan Perbankan dalam Penerapan Cloud System, Berikut 3 Langkahnya

Adapun komponen BRI Micro & SME Index (BMSI) yang mencatat penurunan terbesar adalah volume produksi dan nilai penjualan. Sehingga, volume persediaan barang input, barang jadi, serta penggunaan tenaga kerja juga lebih rendah dari kuartal sebelumnya

Jika dilihat BMSI sektoral, hampir semua sektor mengalami penurunan, kecuali sektor industri pengolahan. Penurunan tertinggi terjadi pada sektor hotel dan restoran.

BACA JUGA: Nissa Sabyan Dituding Selingkuh dengan Ayus, Sang Manajer Berkomentar Begini

Sebaliknya, BMSI sektor industri pengolahan meningkat, seiring dengan naiknya aktivitas usaha untuk mengantisipasi permintaan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan walaupun BMSI mengalami penurunan, optimisme pelaku UMKM tetap terjaga. Hal ini tercermin pada indeks ekspektasinya.

BACA JUGA: Sustainability Bond BRI Tarik Minat Investor, Ciptakan Berbagai Peluang

Di mana indeks ekspektasi BMSI tercatat di atas 100 yaitu 105,4 pada kuartal IV-2020. Ini menunjukkan mayoritas pelaku UMKM masih optimis aktivitas usahanya akan semakin membaik pada kuartal I-2021.

Namun, jika dibandingkan kuartal III-2020, ekspektasi BMSI kuartal IV-2020 sedikit lebih rendah.

Ini berarti optimisme pelaku UMKM menyambut kuartal I-2021 tidak setinggi optimisme saat menyongsong kuartal IV-2020. Penyebab utamanya adalah masih meningkatnya tren kasus baru Covid-19, kemudian diikuti pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali.

Dalam survei kali ini, BRI mendapatkan temuan menarik, meskipun penilaian pelaku UMKM terhadap perekonomian secara umum menurun, ternyata penilaian terhadap kinerja pemerintah masih tetap tinggi.

Hal ini terlihat pada meningkatnya indeks kepercayaan pelaku usaha (IKP) UMKM kepada pemerintah pada kuartal IV-2020 ke level 136,3 dari level 126,8 di kuartal sebelumnya.

BACA JUGA: Jurus BRI Pikat Investor Lewat Sustainability Bond

IKP di atas batas 100 menandakan bahwa pelaku UMKM percaya pada kemampuan pemerintah menjalankan tugas dan kewajibannya.

Kenaikan komponen IKP kuartal IV-2020 tertinggi terjadi pada indikator keyakinan yang mengukur kemampuan pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pelaku UMKM tampaknya lebih yakin bahwa perekonomian akan kembali pulih apabila pandemi berhasil dikendalikan.

Selain itu rencana pemerintah yang akan terus membantu pemulihan sektor UMKM melalui kelanjutan PEN 2021 juga turut menambah keyakinan tersebut.

“Program restrukturisasi, subsidi bunga, dan pinjaman baru terbukti memberikan dampak positif terhadap kinerja usaha UMKM untuk bisa bertahan dan bangkit. Kemampuan debitur UMKM menjadi lebih baik dalam memenuhi kewajibannya membayar pokok dan bunga pinjaman,” tutur Sunarso.

BACA JUGA: Marshanda: Gue Difitnah Setahun Lebih

Di samping itu, BRI juga terus mencari sumber pertumbuhan baru disegmen UMKM, terutama segmen mikro yang menjadi fokus bisnis perseroan.

Ke depan, BRI bahkan menyentuh segmen yang lebih kecil lagi yakni Ultra Mikro.

Berdasarkan data riset Kemenkop, terdapat 57 juta usaha UMKM di Indonesia, dimana 30 juta di antaranya belum mendapat akses pendanaan formal.

Dari 30 juta yang belum mendapatkan akses pendanaan formal tersebut 5 juta diantaranya masih mendapatkan sumber pendanaan dari rentenir.

“BRI menyadari untuk memberdayakan dan mengembangkan segmen ultra mikro dibutuhkan teknologi dan digitalisasi sehingga BRI dapat melayani masyarakat sebanyak banyaknya dengan biaya semurah mungkin. Hal tersebut dapat dicapai dengan cara go smaller, go shorter dan go faster,” tutup Sunarso.(ikl/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aurel dan Azriel Merasa Kurang Diperhatikan, Ashanty Rela Kubur Keinginannya Sejak Muda


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler