Hasil Survei LKPI: Lepianus Zine Kogoya Unggul di Pilkada Mamberamo Tengah 2024

Kamis, 15 Agustus 2024 – 19:33 WIB
LKPI merilis hasil Survei Pilkada Mamberamo Tengah 2024 yang menunjukkan Lepianus Zine Kogoya unggul dari kandidat calon bupati lainnya. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, MAMBERAMO TENGAH - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mengeluarkan hasil survei terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua Pegunungan.

Hasil survei LPKI menunjukkan nama Lepianus Zine Kogoya unggul dalam berbagai simulasi berdasarkan penilaian responden.

BACA JUGA: Bawaslu Mamberamo Raya Keluarkan Rekomendasi Pemilu Susulan

"Dalam pertanyaan terbuka jika Pilkada digelar saat ini, hasilnya tingkat keterpilihan Lepianus Zine Kogoya sangat tinggi di Mamberamo Tengah," kata Direktur Eksekutive LKPI Togu Lubis dalam keterangannya, Kamis (15/8).

Dia menyebut Lepianus Zine Kogoya unggul jauh dari kandidat lainnya dalam pemilihan Bupati Mamberamo Tengah pada November 2024 mendatang berdasarkan hasil survei LKPI.

BACA JUGA: Logistik Pemilu Belum Ada, Warga 4 Distrik di Mamberamo Raya Belum Bisa Mencoblos

Togu mengatakan pada survei tingkat elektabilitas berdasarkan pertanyaan top of mind calon Bupati Mamberamo Tengah periode 2024- 2029, nama Lepianus Zine Kogoya berada di posisi tertinggi dipilih sebanyak 25,3 persen.

Berikutnya Yonas Kenelak 20,6 persen, Mesir Yikwa 11,6 persen, Berius Kogoya 10,7 persen, Itaman Thago 6,1 persen, Leonar Doga 5,1 persen, dan Eremen Yogosam 3,4 persen.

BACA JUGA: Bawaslu Mamberamo Raya Siap Memediasikan Pengajuan Sengketa DSC dari 3 Parpol Ini

Nama lainnya, seperti Hengki Dani Yikwa, Amar Pagawak, Onny Bernie Pagawak, elektabilitanya di bawah 2 persen, dan yang belum menentukan pilihan sebanyak 12,2 persen.

Togu Lubis juga menyampaikan hasil simulasi dengan tertutup disodorkan 8 daftar nama tokoh bakal calon bupati dengan pertanyaan jika Pilkada saat ini tokoh mana yang akan dipilih?

Hasilnya, nama Lepianus Zine Kogoya mendapat dukungan terbanyak mencapai 26,3 persen.

Disusul Eremen Yogosam 17,2 persen, Mesir Yikwa 13,1 persen, Yonas Kenelak 12,7 persen, Berius Kogoya 7,2 persen, Aruam Pagawak 3,7 persen, Itaman Thiago 3,2 persen, Leonar Doga 3,1 persen, dan tidak memilih sebanyak 13,5 persen

Sementara itu, lanjut Togu, juga dilakukan simulasi menyodorkan 4 daftar nama tokoh bakal calon bupati dengan pertanyaan tertutup jika Pilkada digelar saat ini tokoh mana yang akan dipilih.

Hasil survei LKPI menunjukkan bakal calon bupati Lepianus Zine Kogoya mendapat dukungan 32,7 persen, Mesir Yikwa 27,2 persen, Eremen Yogosam 17,7 persen, Yonas Kenelak 12,6 persen, dan tidak memilih sebanyak 9,8 persen.

Lebih lanjut, dalam simulasi head to head antarnama bakal calon Bupati Mamberamo Tengah, saat berhadapan dengan Yonas Kenelak, Lepianus Zine Kogoya unggul 46,4 persen.

Disusul Yonas Kenelak 30,7 persen, kemudian 22,9 persen yang belum memutuskan atau tidak menjawab.

Begitu juga saat head to head dengan Mesir Yikwa, Lepianus Zine Kogoya masih unggul 41,8 persen, sementara Mesir Yikwa 32,3 persen, dan 25,9 persen belum memutuskan atau tidak menjawab.

"Selanjutnya, berhadapan dengan Eremen Yogosam, Lepianus Kogaya kembali unggul 44,6 persen, Eremen Yogosam 38,1 persen, dan 17,3 persen belum memutuskan atau tidak menjawab," kata Togu.

Togu menjelaskan survei ini berlangsung pada periode 4-12 Agustus 2024 dengan tujuan memotret peluang dari bakal calon bupati yang paling sering disebut-sebut namanya di kalangan masyarakat Kabuputen Mamberamo Tengah menjelang Pilkada 2024.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Kabupaten Mamberamo Tengah memiliki hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih.

Sampel sebanyak 900 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) ±3,24 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Sementara teknik pengambilan data dilakukan dengan bertatapan langsung responden memakai metode kontrol dokumentasi.

Togu menambahkan hasil temuan survei pertama ditemukan bahwa awareness atau pengetahuan publik atas pelaksanaan Pilkada Mamberamo Tengah 27 November 2024 baru di angka 51,3 persen.

"Sementara publik Kabupaten Mamberamo Tengah yang mengaku belum tahu pelaksanaan Pilkada sebesar 48,7 persen," ungkap Togu.

Temuan survei kedua, lanjut Togu, menunjukkan approval rating atau kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah di bawah kepemimpinan Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak mencapai 29,1 persen, sedangkan yang tidak puas sebesar 70,9 persen.

Kemudian temuan survei tiga menunjukkan harapan pada bupati dan wakil bupati yang terpilih di Pilkada Mamberamo Tengah 2024, yaitu sebanyak 87,2 persen ingin adanya pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Sebanyak 83,6 persen ingin perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, dan sebanyak 79,8 persen ingin peningkatan fasilitas listrik dan penerangan di jalan-jalan yang lebih merata, dan sebanyak 77,7 persen ingin kestabilan harga ketersediaan pangan.

"Pada temuan survei keempat, kriteria calon bupati yang terpenting bagi responden mampu menciptakan pemerintahan daerah yang bersih dan meningkatkan perekonomian (60,9 persen) jauh meninggalkan kriteria lainnya, seperti merakyat (21,3 persen), berwibawa (10,4 persen), ataupun pintar (7,4 persen) sebagai faktor terpenting bagi pemilih," papar Togu.

Togu mengungkapkan hasil survei ini menggambarkan bahwa masyarakat Mamberamo Tengah menginginkan Pilkada 2024 nantinya menghasilkan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan kemajuan ekonomi masyarakat.

Karena itu, dia menilai kecil kemungkinan Yonas Kenelak menang dalam Pilkada, karena rendahnya kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepemimpinannya bersama Bupati Ricky Ham Pagawak yang diwarnai dengan pemerintahan yang korup.

"Sementara munculnya nama Lepianus Zine Kogoya oleh masyarakat Mamberamo Tengah dianggap sebagai sosok pembawa perubahan bagi Kabupaten Mamberamo Tengah," ujarnya. (mar1/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler