Hasil Survei, Muncul 12 Nama Kandidat

Jumat, 07 April 2017 – 13:16 WIB
Kotak suara untuk pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Sejumlah nama kandidat calon wali kota Padang, Sumbar, yang akan maju di pilkada 2018, mulai bermunculan.

Hasil survei Lembaga Survei Spektrum Politika Institute Padang contohnya, muncul beberapa nama baru yang akan bertarung melawan petahana.

BACA JUGA: Hasil Survei LSI Sangat Mengejutkan

”Hasil survei sementara kami, terpantau ada beberapa nama yang muncul sebagai balon wako maupun wawako. Setidaknya ada 12 nama yang mulai mengapung,” sebut Direktur Lembaga Survey Spektrum Politika Institute, Andri Ruska, seperti diberitakan Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

Duabelas nama tersebut, terang Andri, yakni Mahyeldi Ansharullah, Emzalmi (keduanya petahana), Desri Ayunda, Adib Alfikri, Andre Algamar, Hendri Septa, Alkudri, Oktafredi Rasyid, Apris Yaman, Maigus Nasir, James Hellyward, dan Michel Ichlas El Qudsi.

BACA JUGA: Ketua Bappilu PKS Jabar Siap Maju

Andri melihat ada beberapa orang pendatang baru yang muncul. Misalnya Adib Alfikri, Andre Algamar, Hendri Septa, Oktafredi Rasyid, dan Apris Yaman.

”Nama-nama pendatang baru yang saya sebutkan itu, beberapa orang berasal dari partai politik, sisanya birokrat di Kota Padang,” kata Andri.

BACA JUGA: Anggaran Pilkada Cirebon Belum Jelas

Di sisi partai politik, lanjut Andri, lembaganya menilai sampai kini belum ada nama-nama balon yang mengerucut untuk di parpol.

Kendati begitu parpol memang melirik nama-nama bakal calon yang muncul di atas untuk bertanding tahun depan.

Dari hasil surveinya, Andri menyebutkan nama-nama itu sudah menjalin komunikasi dengan ketua-ketua parpol akhir-akhir ini. ”Bahkan beberapa orang dari mereka sudah mulai sosialisasi seperti Michel Ichlas el Qudsi, Apris Yaman serta Hendri Septa,” jelas Andri.

Menurutnya, bentuk sosialisasi yang dilakukan para balon itu mulai dari menyebar kalender, stiker dan famplet ke masyarakat.

Kemudian mereka juga mulai mengikuti kegiatan-kegiatan di masyarakat seperti pertandingan voli, dan pengajian juga serta gotong royong.

Walau sudah memulai sosialisasi pada masyarakat, akan tetapi Andri punya penilaian tersendiri bagi tiga nama bakal calon tadi.

Karena peluang mereka cukup berat kalau mereka tidak serius kerja untuk 2018, apalagi posisi petahana yang cukup kuat saat ini. (zil)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPP Kantongi Sembilan Nama


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler