Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Prabowo Melejit, Pendukung Anies, Sabar ya

Selasa, 27 Juni 2023 – 10:36 WIB
Hasil survei terbaru ALGORITMA: elektabilitas Prabowo Subianto melejit. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hasil survei terbaru ALGORITMA Research and Consulting menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024 cenderung stagnan dan masih berada di peringkat ketiga.

Direktur Eksekutif ALGORITMA Research and Consulting Aditya Perdana saat merilis hasil surveinya, Senin (26/6), mengungkapkan elektabilitas Ganjar Pranowo 29,3 persen, elektabilitas Prabowo Subianto 24,6 persen, dan Anies Baswedan 16,9 persen.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Anies Mengungguli Ganjar & Prabowo, Oalah

“Jika dibandingkan dengan Survei ALGORITMA yang dilakukan 6 bulan lalu yaitu Desember 2022 ada rotasi pilihan capres yang saat itu angkanya Ganjar Pranowo 25,1 persen, Anies Baswedan 18,7 persen, serta Prabowo Subianto 16,6 persen,” terang Aditya.

Aditya menjelaskan, dukungan pemilih terhadap bakal calon presiden juga masih sangat volatil, menggambarkan masih terbukanya pemilih untuk beralih pilihan.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Anies Baswedan di Atas Jokowi, Jangan Kaget Bro!

Hanya sekitar sepertiga yaitu 33,9% pemilih yang sudah bahwa pilihan capresnya sudah final dan tak akan berubah pilihan.

“Dengan pemilih yang sebagian besar masih mungkin berubah pilihan capresnya ini tentu pertarungan akan menjadi sangat dinamis. Sejalan dengan itu bursa untuk cawapres pun akan kian dinamis untuk menarik keyakinan calon pemilih,” ujar Aditya.

BACA JUGA: 2 Survei Elektabilitas Capres 2024 Dirilis Bareng Hasilnya Beda Banget, Terserah!

Aditya memberikan sorotan khusus justru pada bursa calon wakil presiden (cawapres) yang cenderung lebih dinamis.

Dia mengungkapkan, survei terbaru yang dilakukan ALGORITMA ini ada dua nama yang meningkat pesat posisi elektoralnya di mata public, yaitu Sandiaga Salahudin Uno dan Mahfud MD.

Berikut ini urutan level elektoral cawapres berdasar hasil survei ALGORITMA:

1. Sandiaga Salahudin Uno 11,3%

2. Erick Thohir 10,3%

3. Mahfud MD 8,8%.

Angka ini sangat dinamis karena jika dibandingkan dengan Desember 2022 urutannya adalah Ridwan Kamil (11,8%), Sandiaga Uno (7,4%), dan Erick Thohir (6%).

“Kami melihat Sandiaga Uno momentumnya menguat signifikan, Ridwan Kamil mulai kehilangan akselerasinya yang sempat luar biasa, dan Mahfud MD muncul memikat publik bahkan sampai membuat Ridwan Kamil terpental dari tiga besar,” kata Aditya.

Jumlah sampel survey ALGORITMA 2.009 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih.

Hasil survei mewakili pendapat penduduk usia dewasa (usia pilih) secara nasional (34 provinsi).

Margin of error: +/- 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengumpulan data 29 Mei sampai dengan 10 Juni 2023, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner, dilakukan oleh 109 enumerator. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler