Hasto Ungkap Alasan PDIP Fokus Isu Kedaulatan Pangan di Rakernas IV

Kamis, 21 September 2023 – 16:07 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Aristo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pangan bisa menjadi alat negara menunjukkan hegemoni di mata dunia.  Terlebih lagi, belakangan terjadi konflik antara Rusia dan Ukraina yang membuat isu pangan menjadi perhatian utama setiap negara.

Oleh karena itu, partainya memfokuskan isu kedaulatan pangan tersebut dalam Rapat Kerja Nasional IV PDIP pada Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10) di Kemayoran, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Hasto PDIP Anggap Sektor Pangan Bisa Menjadi Lambang Supremasi Negara

"Indonesia harus mengembangkan suatu kebijakan politik ekonomi di dalam membangun kedaulatan pangan bagi kepemimpinan Indonesia untuk dunia, sehingga ke depan Indonesia akan menjadi sumber pangan bagi dunia," kata Hasto di Gedung Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/9).

Rakernas IV PDIP mengangkat tema “Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat” dengan subtema “Pangan sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Negara Bagi Dunia”.

BACA JUGA: Soal Isu Kaesang Pangarep Gabung PSI, Djarot PDIP Berkomentar Begini

Hasto mengatakan bahwa sektor inovasi, riset, dan teknologi tidak bisa terlepas ketika Indonesia ingin mengurusi pangan, utamanya demi mewujudkan kedaulatan di bidang bahan makanan.

"Pendekatan dari hulu hilir yang dimulai dari riset penguasan IPTEK. Dengan demikian profesi sarjana pertanian, profesi di dalam food prosesing, prosesi dalam riset dalam meningkatkan kualitas pangan merupakan proses yang terhormat, yang sangat penting bagi kepemimpinan Indonesia yang mendatang," lanjut dia.

BACA JUGA: Menjelang Rakernas, Sekjen PDIP Isi Dialog Bahas Isu Kedaulatan Pangan di IPB

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) mengatakan pembukaan Rakernas IV PDIP nantinya diisi dengan pendidikan kepada petani dalam menerapkan teknologi demi meningkatkan produksi pangan.

"Pembukaan hadir juga perwakilan para petani dari seluruh Indonesia, yang mana para petani itu akan melihat teknologi terapan di dalam peningkatan produksi pangan nasional kita," kata pria kelahiran Yogyakarta itu.

Adapun, Hasto melaksanakan dialog bersama peneliti bidang pangan di Gedung PKSPL-IPB sebelum Rakernas IV PDIP dilaksanakan. Dia mengatakan PDIP nantinya bakal membuat acara semacam pekan teknologi terapan di sektor pertanian sebelum dimulainya Rakernas IV.

"Kami akan membuat semacam pekan teknologi terapan di bidang pangan agar kesadaran di atas kaki sendiri di bidang pangan betul-betul di wujudkan," kata Hasto. (ast/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler