Hasto PDIP Anggap Sektor Pangan Bisa Menjadi Lambang Supremasi Negara

Kamis, 21 September 2023 – 13:39 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Gedung Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/9). Foto: Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, BOGOR - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menganggap pangan punya peran penting bagi sebuah negara, karena aspek tersebut bisa menjadi lambang supremasi kepemimpinan suatu bangsa di mata dunia.

Dia mengatakan itu saat hadir di Gedung Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB University, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/9).

BACA JUGA: PDIP Tetap Berkomunikasi dengan RK Meski Junjung Etika Berpolitik

Hasto hadir di Gedung PKSPL-IPB demi memenuhi memenuhi undangan berdialog dengan para peneliti IPB University mengenai pangan.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu tampak hadir di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB dengan mengenakan batik bernuansa hitam dan cokelat.

BACA JUGA: Sikap PDIP Soal Kasus Rempang Jelas, Jangan Jadikan Rakyat Sebagai Korban

Hasto selanjutnya diajak beberapa peneliti IPB University berkeliling di area kampus lalu menunjukkan sampel bermerek Seacera.

Diketahui, Seacera ialah produk hasil riset dan inovasi dari peneliti IPB University yang menggunakan bahan Spirulina.

BACA JUGA: Warga Bekasi jadi Provokator, Menghasut Kekerasan di Aksi Bela Rempang

Hasto mengatakan PDIP menjadi partai yang berkomitmen mengembangkan riset demi mewujudkan kedaulatan pangan.

"Kegiatan riset dan inovasi mampu menghasilkan berbagai karya anak bangsa yang membangun Indonesia dengan kedaulatan pangannya," kata pria kelahiran Yogyakarta itu di ditemui di Gedung PKSPL-IPB, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Hasto kemudian mengapresiasi IPB yang mampu menghasilkan pangan berbahan Spirulina yang kaya protein untuk mencegah tengkes atau stunting.

"Ini sebagai contoh bagaimana Spirulina merupakan makanan yang bersumber dari proses inovasi dengan merek dagang Seacera, ternyata kaya protein yang mampu mencegah stunting," kata dia. 

Hasto lantas mengatakan pangan sebenarnya menjadi aspek penting bagi sebuah negara agar suatu bangsa dipandang dunia.

"Pangan menjadi lambang supremasi kepemimpinan suatu negara terhadap dunia dan inilah yang harus kita tunjukkan melalui riset dan inovasi," katanya.

Hasto mengatakan PDIP juga bakal membantu sosialisasi produk pangan yang mengandung banyak manfaat seperti bahan dalam Spirulina.

"Adanya superfood melalui Spirulina ini harus disosialisasikan, harus kita scaling up sehingga menjadi bagian di dalam upaya mencegah stunting, karena mencegah stunting menyelamatkan Indonesia Raya," lanjut dia.

Sementara itu, Peneliti PKSPL-IPB Kustiariah mengatakan Spirulina itu berasal dari gangga laut mikro yang kaya protein, mineral, vitamin, dsn antioksidan.

"Jadi, bagus untuk kesehatan juga. Tidak hanya untuk stunting, misalnya untuk anak-anak, tetapi, juga untuk orang tua demi menjaga imunitas," ujar dia.

Dia mengatakan PKSPL-IPB juga membuat produk Tembora yang berbahan tempe dan rumput laut, tetapi perlu diindustrialisasi lebih lanjut.

"Kemudian ini kita sebutnya Tembora, tempe juga superfood yang asli Indonesia itu ditambah rumput laut. Jadi, Tembora itu singkatan Tempe Bogor Rumput Laut. Kami menunggu industrialisasi, merek sudah kami daftarkan," katanya. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Periksa Ibu Imam Masykur Terkait Laporan Penculikan Anaknya oleh Oknum TNI


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PDIP   pangan   Hasto   PDI Perjuangan   IPB  

Terpopuler