Hat-Trick Sempurna Lorenzo

Senin, 05 Juli 2010 – 06:06 WIB
KETIGA - Ekspresi Jorge Lorenzo saat merayakan kemenangannya di atas podium di Catalunya. Foto: Mirco Lazzari Gp/Getty Images.

CATALUNYA - Rekor baru dicatatkan oleh Jorge LorenzoUntuk pertama kalinya dia mendapatkan hat-trick alias tiga kemenangan beruntun sejak berkarir di ajang MotoGP

BACA JUGA: Suarez Bisa Absen di Final

Kemenangan yang diraihnya di MotoGP Catalunya, kemarin (4/7) WIB, sekaligus membuat pembalap Fiat Yamaha itu melampaui jumlah kemenangan yang diraihnya pada tahun lalu.

Penampilan Lorenzo di Catalunya membuktikan dia terus tampil konsisten untuk meraih gelar juara dunia pertama kali di MotoGP
Dalam lomba 25 lap itu, dia tetap tampil dominan tan pa cela untuk meraih kemenangan kelima dari tujuh balapan yang sudah digelar

BACA JUGA: Oranje Krisis di Fase Krusial

Lorenzo unggul jauh dan nyaman untuk menjaga keunggulan hingga akhir.

"Tentu kemenangan ini sebuah hasil spesial
Tahun lalu saya gembira dengan finis kedua, tapi tak sepenuhnya senang karena Vale (Valentino Rossi) mengalahkan saya di tikungan terakhir

BACA JUGA: Maradona Isyaratkan Segera Mundur

Sekarang saya senang karena akhirnya bisa menang di sirkuit yang merupakan kandang sendiri," ujar Lorenzo pada Autosport.

Tahun lalu, Lorenzo dan Rossi yang saat ini masih berkutat dengan cedera patah kaki, terlibat persaingan yang seruRossi baru memastikan keunggulan setelah mendahului Lorenzo di tikungan terakhirSaat itu, Lorenzo sampai terkagum-kagum dengan aksi berani yang ditunjukkan rekan setimnya itu.

Berkat kemenangan di Catalunya, Lorenzo pun makin kukuh di puncak klasemenDengan koleksi 165 poin, dia unggul 52 poin dari rival terdekatnya, Dani PedrosaKemarin, Pedrosa hanya mampu finis di peringkat kedua, tepat di depan pembalap Ducati Marlboro Casey Stoner.

Selain karena ketangguhannya bersama Yamaha YZR-M1, Lorenzo ygang juga menciptakan hat-trick poleposition juga sangat diuntungkan dengan kesalahan yang dilakukan para rivalnyaPedrosa sempat menyalipnya sesaat setelah startPembalap Repsol Honda itu melebar setelah keluar dari tikungan pertama.

Stoner yang juga sempat membuat ancaman juga melakukan kesalahan di tikungan yang samaTapi, kesalahan yang paling parah justru dilakukan pembalap Repsol Honda lainnya, Andrea DoviziosoPembalap italia itu tergelincir dan motornya terperosok di gravelMeski masih mampu melanjutkan lomba, dia hanya mampu finis di posisi ke-14.

Dalam keterangannya usai lomba, Lorenzo mengakui faktor keberuntungan yang didapatnya di Catalunya demikian besarBahkan, dia sempat mengira Dovizioso bakal mampu mengalahkannyaItu terbukti dengan persaingan ketat yang dilalui keduanya sebelum Dovizioso terjatuh.

"Ini balapan yang benar-benar sulit karena suhu di lintasan sangat panasBan depan saya sliding terlalu banyakDovizioso berada tepat di belakang saya dalam banyak lap dan menekan sayaSaya kira dia akan melakukan itu sampai akhir, tapi dia terjatuh dan saya menang," beber Lorenzo.

Setelah persaingan untuk posisi pertama sudah usai, perebutan tempat kedua menjadi persaingan paling seruStoner coba memperbaiki posisinya, namun harus bersaing ketat dengan PedrosaBeberapa kali coba melewati, Ducati Desmosedici kalah cepat di trek lurus dengan Honda RC212VAkhirnya, dia harus puas dengan posisi ketiga yang merupakan podium kedua tahun ini.

"Tidak mungkin bertarung dengan DaniDia membalap dengan sangat bagus, tak membuat kesalahan dan bersih saat keluar dari tikunganMeski di akhir motor saya bagus, saat start saya kesulitanKami harus senang dengan podium hari ini," kata Stoner(ady/ito/jpnn)

Hasil MotoGP Catalunya
1Jorge Lorenzo - Fiat Yamaha
2Dani Pedrosa - Repsol Honda
3Casey Stoner - Ducati Marlboro
4Randy de Puniet - LCR Honda
5Alvaro Bautista - Rizla Suzuki
6Ben Spies - Monster Yamaha Tech 3
7Loris Capirossi - Rizla Suzuki
8Nicky Hayden - Ducati Marlboro
9Marco Melandri - Honda Gresini
10Hector Barbera - Aspar Ducati
11Colin Edwards - Yamaha Tech 3
12Mika Kallio - Pramac Ducati
13Kousuke Akiyoshi - Interwetten Honda
14Andrea Dovizioso - Repsol Honda
15Wataru Yoshikawa - Fiat Yamaha

Klasemen Sementara
(setelah tujuh dari 18 seri)
1    Jorge Lorenzo      165 poin
2    Dani Pedrosa       113
3    Andrea Dovizioso   91
4    Nicky Hayden          69
5    Randy de Puniet     69
6    Casey Stoner          67
7    Valentino Rossi     61
8    Ben Spies               59
9    Colin Edwards       39
10   Marco Melandri     39

BACA ARTIKEL LAINNYA... Afrika Tetap Bangga pada Ghana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler