Oranje Krisis di Fase Krusial

Minggu, 04 Juli 2010 – 15:11 WIB
KARTU - Nigel De Jong (kanan) saat diberi kartu kuning oleh wasit Yuichi Nishimura dalam laga lawan Brazil, Jumat (2/7). Foto: AFP Photo/Carl de Souza/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Belanda memang berhasil merebut tiket semifinal Piala Dunia 2010Tiket tersebut diraih lewat perjuangan keras menundukkan Brazil di perempat final Jumat petang lalu (2/7)

BACA JUGA: Maradona Isyaratkan Segera Mundur

Sayang, perjuangan keras menembus fase empat besar harus dibayar mahal.

Pasalnya, akibat ketatnya laga lawan Brazil, Oranje - julukan timnas Belanda - harus kehilangan bek kanan Gregory van der Wiel dan gelandang Nigel de Jong
Keduanya tidak bisa dimainkan karena terkena sanksi akumulasi kartu

BACA JUGA: Afrika Tetap Bangga pada Ghana

Sementara, bek tengah Joris Mathijsen cedera lutut menjelang laga lawan Brazil dan harus digantikan Andre Ooijer.

Dengan usia yang sudah 35 tahun, penampilan Ooijer tidak setangguh Mathijsen
Buktinya, saat melawan Brazil, dia gagal mengawal ketat  Robinho yang menyebabkan gawang Maarten Stekelenburg bobol ketika pertandingan baru berjalan 10 menit.

Meski begitu, pelatih timnas Belanda Bert van Marwijk mengatakan kalau dirinya puas dengan performa semua pemainnya, termasuk Andre Ooijer yang diputuskan main secara mendadak

BACA JUGA: Presiden Brazil Tetap Hadiri Final

"Ketika saya mendengar Joris Mathijsen cedera, saya bilang kepada Andre Ooijer bahwa dia harus mainDia harus menyiapkan dirinya sendiriDi ruang ganti, tim medis tengah memberi perawatan kepada Mathijsen dan kami tidak tahu apa yang sedang terjadi," kata Van Marwijk kepada Reuters.

"Saya tanya tim medis sebelum pertandingan soal kondisi Mathijsen, itu saya ucapkan lima menit sebelum laga dimulaiLalu saya kembali melihat bagaimana kondisi MathijsenTapi dia tidak yakin, jadi kami tidak mau ambil risikoLalu saya bilang kepada Andre (Ooijer) bahwa dia akan bermain dan akan membuat kami makin tangguh," bebernya "Kami harus menjaga kedisiplinan tim dan menjadi kuat, dan tidak membiarkan tim kehilangan konsentrasi," sambung pelatih 58 tahun itu.

Van Marwijk mengakui, dirinya dan para pemain sangat percaya jika skuad The Oranje punya talenta dan organisasi permainan bagusTapi pelatih yang pernah mengarsiteki Feyenoord dan Borussia Dortmund itu menegaskan bahwa bicara saja memang hal yang sangat mudah.

"Itu sangat mudah untuk dikatakanTapi tidak semudah itu untuk melaksanakannyaSaya sangat percaya tim ini bisa memainkan sepak bola bagus dan kami harus membuktikannya bahwa kami bisaJika Anda benar-benar ingin meraih sesuatu, maka Anda harus benar-benar meyakininyaItu sangat simpel dan pesan itulah yang ingin saya sampaikan, terutama kepada para pemain," paparnya.

Sementara itu, Nigel de Jong yang bakal absen di semifinal yakin timnya bisa mengalahkan Uruguay dan lolos ke partai final"Ini memang mengecewakanTapi saya tahu kami punya tim berkualitas untuk bisa melaju ke final," cetusnya.

"Saya kecewa dengan kartu kuning kedua sayaItu adalah pelanggaran pertama saya dalam pertandingan ituSaya sudah bilang kepada pemain yang lain bahwa saya tidak senang bermain untuk laga perebutan posisi ketiga dan keempatMereka bilang tidak masalahKami akan melakukan itu untuk kami dan Gregory (Van der Wiel)," katanya(ali/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tekuk Tango, Jerman Incar Gelar Keempat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler