Hatta Serukan Spirit Percaya Diri

Senin, 25 Juli 2011 – 06:21 WIB

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Menteri Koordinator Perekonomian RI Hatta Rajasa menyerukan kepada segenap pelajar dan pemuda untuk bisa membangkitkan spirit rasa percaya diri dan berfikir postif terhadap proses perjalanan  bangsa Indonesia.

Seruan ini disampaikan Hatta dalam Acara Jambore Kewirausahaan Pelajar Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, kemarin malamAcara yang dihelat selama dua hari (22-23) dengan menghadirkan sekitar 800 siswa dari 17 Provinsi

BACA JUGA: DPR Desak Tutup 61 SPBU Nakal

Program yang melibatkan anak-anak usia remaja  itu merupakan bagian dari salah satu program kerja Hatta di Kementerian Koordinator Perekonomian, kerja sama dengan Badan Pekerja Pusat Persatuan Alumni OSIS se-Indonesia.

"Kita akan mampu bersaing kalau kita manusia unggul, tidak minder, percaya diri tapi tidak tinggi hati, responsif, mau membantu
Karena orang yang suka membagi akan mendapatkan keuntungan dalam arti yang luas," tutur Hatta dalam sambutannya di Gedung Pandan Wangi Bumi perkemahan Cibubur.

Sambutan Hatta yang disampaikan sekitar 30 menit itu cukup menyedot perhatian peserta seminar dan panitia

BACA JUGA: PKB Siap Songsong Kesadaran Politik Rakyat

Pada kesempatan itu, Hatta enggan berbicara lebih dalam soal perekonomian
Dirinya mengaku lebih tertarik membangkitkan spirit rasa percaya diri bangsa, kepemimpinan, dan jiwa kewirausahaan agar generasi muda bisa mandiri.

"Bangsa ini bangsa yang besar memiliki peradaban sejarah yang panjang

BACA JUGA: Aziz Serahkan Masa Depan KNPI ke OKP

Kita harus jadi generasi yang percaya diri dan mencintai negeri sendiri," seru Hatta disambut tepuk tangan meriah dari para peserta.

Menurut Hatta, Kemandirian adalah ciri dari seorang pemimpinKarena dengan kemandirian maka seseorang tidak bergantung kepada sesuatu"Kemandirian bukan hanya sekadar menciptakan produk sendiri, tapi seberapa jauh kita bisa bersaing dalam keadaan apapun," katanya.

Sementara seorang pemimpin kata dia, adalah orang yang selalu menggerakan atau menciptakan momentum dan memberikan peluang bagi orang lain"Jadilah manusia unggulPupuk idealisme, jangan pernah kehilangan idealisme, karena idealisme adalah spirit untuk mencapai tujuan kitaOrang yang kehilangan idealisme bisa terjerembab dalam pragmatismeTanpa idealisme, pragmatisme bisa jadi oportunisme, jauhkan itu," pintanya.

Dirinya juga berharap generasi muda bisa mempersiapkan diri untuk selalu tampil kedepan, memupuk rasa setiakawanBagi Hatta, setia kawan adalah energi yang maha dahsyat"Tidak ada orang yang berhasil tanpa memperhatikan kesetiakawananSemakin banyak manfaat, semakin tinggi dradjat kita," imbuhnya

Menurut Hatta, Agenda ini adalah agenda tidak sekadar pelatihan semata akan tetapi syarat dengan nilai-nilai pembentukan karakter anak muda"Sebuah bangsa tidak memiliki masa depan kalau generasinya tidak memiliki masa depan," tambahnya lagi.

Sementara itu, Ketua Badan Pekerja Pusat Persatuan Alumni OSIS se-Indonesia, Satrio Chaniago, menambahkan, dengan acara ini, pihaknya mendorong pemerintah, melalui Menko Perekonomiaan, agar lebih memperhatikan dunia pelajar dan memberikan fasilitas kepada para pelajar agar menjadi bibit wirausahawanAcara ini juga bertujuan untuk membantu generasi muda agar mampu membekali diri dengan berwirausaha serta membuka kesempatan untuk menciptakan lapangan kerja mandiri melalui penyelenggaraan kegiatan pelatihan dan pembinaan wirausaha.

"Juga mengembangkan potensi generasi muda melalui penyaluran minat, bakat serta kreativitas generasi muda dalam mengekspresikan diri dengan membentuk suatu wadah pembinaan dan pengembangan kreativitas bersama," demikian Satrio(dms)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertimbangan Keamanan, Kasus Kobar Masih Dibiarkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler