Hayden Terancam Kutukan Ducati

Senin, 09 Februari 2009 – 07:17 WIB
Nicky Hayden saat uji coba perdana di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur,Malaysia. Foto: REUTERS

TIM-tim MotoGP baru menyelesaikan uji coba perdana 2009 di Sirkuit Sepang, MalaysiaBeberapa unggulan masih tersenyum

BACA JUGA: Stoner Makin Konsisten, Rossi Puas

Tapi, ada beberapa yang mulai berkeringat dingin.

Ulasan Azrul Ananda

Uji coba MotoGP di Sepang, Kamis hingga Sabtu lalu (5-7 Februari) sangatlah penting
Uji coba itulah alat pengukur pertama peta kekuatan musim 2009, yang dimulai April nanti di Qatar.

Setelah tiga hari, beberapa unggulan masih tampil sesuai prediksi

BACA JUGA: Stoner Tercepat, Capirossi Mantap

Meski berkutat dengan kondisi fisik yang tidak prima, Casey Stoner (Ducati Marlboro) dan Valentino Rossi (Fiat Yamaha) secara konsisten berada di barisan teratas daftar catatan waktu
Selalu ada di tiga besar.

Tidak ada kejutan di sini, tak perlu pembahasan lebih dalam.

Pembalap lain yang konsisten cepat adalah Loris Capirossi, pembalap senior Team Suzuki

BACA JUGA: INKAI pun Terimbas Kelesuan Ekonomi

Gebrakan Suzuki GSV-R sudah terasa di hari pertamaSebab, hari itu (5/2) Capirossi langsung melejit ke puncak daftar catatan waktuPada dua hari selanjutnya, Capirossi selalu ada di tiga besar dengan catatan waktu yang beda tipis dengan Stoner atau Rossi.

Problem kekuatan mesin yang melanda tim ini tahun lalu tampaknya sudah teratasiCapirossi pun begitu senang dengan kerja keras yang dilakukan Paul Denning dan timnya selama libur musim dinginDia merasa, prospek Suzuki ke depan bakal hebat.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang krisisYang saya tahu, setelah latihan di Australia November (2008) lalu, saya punya banyak permintaan kepada SuzukiDan mereka mewujudkan semuanyaMereka mau mendengarkan saya dan menyadari apa yang saya inginkanMotor ini sekarang sesuai dengan apa yang saya harapkan," paparnya seperti dikutip Gazzetta dello Sport.

Capirossi bilang Suzuki masih punya potensi untuk lebih baik lagi"Mesin baru kami lebih baik dari yang lama dalam hal kehalusan pemakaian tenagaTapi kami masih butuh top speed tambahan," ungkapnya"Kami masih harus memperbaiki diri bila dibandingkan dengan yang terbaik, tapi kami sudah berada di jalan yang benarYang jelas, saya akan memberikan segalanya," tambahnya.

Sementara Suzuki mendongakkan kepala, juara dunia MotoGP 2006 Nicky Hayden termasuk yang paling mengecewakan selama uji coba di SepangDengan motor Ducati Desmosedici GP9 yang terbukti kegarangannya di tangan Stoner, Hayden terus terpuruk di barisan bawah sepuluh besarDi barisan factory rider (mereka yang dapat sokongan resmi), kecepatan Hayden termasuk terburuk.

Kalau dibanding dengan Stoner, Hayden masih sekitar 1,5 detik per putaran lebih lambat.

Dengan hasil ini, orang pun mulai berpikir kalau "kutukan Ducati" kembali menerpa pembalap nomor duaDalam beberapa tahun terakhir, seolah-olah memang hanya Stoner yang bisa menggeber Ducati DesmosediciRekan-rekan sebelum ini, Loris Capirossi dan Marco Melandri, selalu terpuruk.

Usai uji coba di Sepang, Hayden mengaku kecewa dengan hasil akhirnyaYang membuat kesan "kutukan" terus berlanjut, komplain Hayden kurang lebih sama dengan Capirossi dan Melandri duluMotor Ducati punya power besar tapi sangat sulit dikendalikan di tikungan.

"Tentu saja saya tidak happy dengan catatan waktu yang saya perolehSaya punya harapan tinggi dari saya sendiriTapi saya harus tetap berpikir positifSetiap hari saya melaju lebih cepat dan kami telah mengumpulkan banyak data untuk latihan selanjutnya," tutur pembalap asal Kentucky, Amerika Serikat itu.

Hayden menambahkan, kecepatan Stoner menunjukkan bahwa Ducati punya potensi luar biasaSekarang tinggal kerja keras bersama tim supaya dia pun bisa melaju secepat Stoner.

Bagi penggemar berat MotoGP, segala ucapan Hayden itu mungkin sudah familiar alias "lagu lama." Tahun lalu, Melandri punya omongan hampir samaBahwa motor punya potensi dan dia harus kerja kerasNamun hasilnya semua sudah tahu: Melandri terus berantakan sampai akhir musim dan akhirnya memilih bercerai dengan Ducati.

Apakah nasib Hayden bakal sama? Demi musim balap yang seru, para penggemar MotoGP (khususnya pendukung Hayden) tentu berharap nasibnya nanti bakal beda.

Dari Malaysia ini, tim-tim MotoGP rehat duluUji coba resmi selanjutnya dijadwalkan berlangsung di Qatar, 1-3 Maret nantiSaat itu, performa Hayden akan mendapat sorotan tajamKalau di Qatar masih seperti di Sepang, kemungkinan besar "kutukan Ducati" akan terus berlangsung di musim 2009 nanti..(*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alex Noerdin Terima Sabuk Kehormatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler