Heboh Piagam Palsu PPDB SMA di Semarang, Polisi Turun Tangan

Kamis, 11 Juli 2024 – 16:19 WIB
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Polisi masih menyelidiki dugaan piagam palsu dalam penerimaan peserta didik baru atau PPDB 2024 di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Dugaan piagam palsu ini mencuat setelah orang tua murid merasa dirugikan lantaran anaknya terancam tak diterima lewat PPDB jalur prestasi di sekolah negeri yang diinginkan.

BACA JUGA: PPDB 2024: 69 Siswa di Semarang Gagal Masuk Jalur Prestasi Gegara Piagam Palsu

"Dalam kasus ini, kami sudah melaksanakan pemeriksaan sebanyak tujuh orang," kata Kasat Resrim Polrestabes Semarang Kompol Andika Dharma Sena, Kamis (11/7).

Polisi belum bisa memintai keterangan dari pelatih drumben berinisial S yang diduga pelaku pemalsuan piagam tersebut.

BACA JUGA: Ini Janji Mbak Ita untuk Anak Pasutri Tunanetra yang Tertolak PPDB SMA

"Tetapi pelatih inisial S masih belum bisa kami mintai keterangan karena yang bersangkutan belum hadir di Sat Reskrim," kata Andhika.

Pelaporan seorang calon wali murid SMA Negeri 3 Semarang merasa anaknya tak bisa masuk ke sekolah tersebut karena ada calon siswa menggunakan yang piagam palsu untuk jalur prestasi.

BACA JUGA: Detik-Detik Kecelakaan Beruntun 10 Mobil di Tol Cipularang

"Kami sudah dapatkan salinan dari piagam yang diduga palsu maupun yang asli. Kami lihat nanti apakah pelatih ini berbuat sendiri atau ada dibantu dengan yang lain," ujarnya.

Pelaku yang terlibat memasulkan piagam bisa diancam penjara selama enam tahun berdasarkan Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Surat.

Piagam itu merupakan apresisasi dari Malaysia Internasional Virtual Band Championships 2022 yang menyebutkan Marching Band Gita Bahana SMEPSA - SMP Negeri 1 Semarang meraih Gold Medals atau medali emas.

Namun, dalam penelusuran JPNN.com pada laman penyelenggara, peraih medali emas adalah Nan Jung Junior High School, Tiongkok.

Sementara Gita Bahana SMEPSA SMP Negeri 1 Semarang hanya memperoleh Bronze Medals atau medali perunggu dalam lomba kategori junior marching band itu.(mcr5/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler