Hentikan Laju Rodriguez

Kamis, 03 Juli 2014 – 09:42 WIB
James Rodriguez. Foto: getty images

jpnn.com - FORTALEZA - James Rodriguez menjelma menjadi pemain yang paling diwaspadai dalam Piala Dunia 2014 ini.

Perolehan lima gol dan bertengger di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia kali ini menjadi buktinya. Brasil pun dibuat ketar-ketir dengan potensi yang akan diberikan Valderama Baru itu.

BACA JUGA: Belgia Paham Cara Hentikan Messi

Kolombia bersama Rodriguez bakal menjadi batu sandungan Selecao dalam babak perempat final di Estadio Castelao, Fortaleza, Sabtu dini hari nanti (5/7).

Ancaman dari pemain berusia 22 tahun tersebut bisa menjadi momok yang belum pernah dihadapi barisan pertahanan Brasil sebelumnya.

BACA JUGA: Sikat Kerber, Bouchard Hattrick Semifinal Grand Slam

Dibandingkan dengan bomber-bomber yang pernah dihadapi pertahanan Brasil sebelumnya, seperti Giovani dos Santos hingga Alexis Sanchez, Rodriguez jelas lebih menakutkan. Efektivitas Rodriguez bisa dilihat dari statistiknya yang hanya membuat 15 kali tendangan dan mencetak 5 gol.

Potensi bahaya penyerang AS Monaco itu diungkapkan gelandang Brasil, Fernandinho. Seperti yang diungkapkan di SkySports, pemain Manchester City itu mengungkapkannya berdasarkan pengalaman di level klub. Dua musim lalu, ketika masih berkostum Shakhtar Donetsk, dia berhadapan dengan Rodriguez bersama FC Porto.

BACA JUGA: Pulih dari Flu, Hummels Siap Lawan Prancis

Ketika itu, Rodriguez masih belum menjadi pilihan utama di Porto. "Tetapi, dalam laga tersebut, Ridriguez sudah mampu menunjukkan bagaimana kualias terbaiknya. Salah satunya dengan tendangan kaki kirinya itu. Dia harus menjadi perhatian penuh pemain Brasil," ujarnya.

Dari hasil akhir, Fernandinho kala itu memang gagal menaklukkan Rodriguez. Bahkan, satu assists yang dibuat Rodriguez ikut mengantarkan Porto mengalahkan Shakhtar dua leg beruntun. Hanya, dari pengalaman itu Fernandinho sedikit tahu cara meredam Rodriguez. "Beri dia sedikit ruang gerak, itu bisa lebih baik bagi Brasil," bebernya.

Sialnya, demi membendung langkah Rodriguez tersebut, Brasil menemui sedikit kendala. Itu tidak terlepas dari absennya holding midfielder andalannya, Luiz Gustavo. Pemain yang biasa memerankan double pivot bersama Fernandinho itu harusnya menjadi solusi untuk menutup pergerakan Rodriguez.

Gustavo tidak bsia bergabung bersama skuad Selecao lantaran akumulasi kartu yang dia terima saat pertandingan melawan Cile di babak 16 Besar lalu. Sebagai penggantinya, seperti yang diberitakan di Sport24, pelatih Luiz Felipe Scolari menunjuk Paulinho di posisi tersebut.

Terlepas dari perubahan komposisi di sektor gelandang bertahan itu, Scolari sepertinya ingin perubahan yang dilakukan timnya lebih pada karakter bermainnya. Sebab, menurut Felipao- sapaan akrabnya- permainan Brasil sejak babak fase grup hingga babak 16 Besar lalu tergolong lembek.

Gaya bermain menyerang ala Brasil selama ini masih belum terlihat. Dilansir dari ESPN, Felipao menginginkan perubahan tersebut terjadi di depan armada Jose Pekerman. "Ini saatnya bagi kami untuk bertahan dengan gaya berbeda, bertahan yang lebih agresif lagi," koarnya.

Sayangnya, upaya untuk lebih membuat permainan Brasil menjadi ganas tersebut sedikit terkendala. Pasalnya, Neymar da Silva Santos Jr sebagai motor serangan yang hampir selalu menjadi andalan Brasil masih meragukan kondisinya. Cedera paha dan lutut yang dia alami di babak 16 Besar belum 100 persen pulih.

Hanya, timnas Brasil melalui juru bicaranya, Rodrigo Paiva menyatakan bahwa kondisi pemain Barcelona tersebut sudah tidak ada masalah lagi. Neymar disebut bisa diturunkan lawan Kolombia. Paiva mengatakannya berdasarkan tahapan pemulihan cedera Neymar beberapa hari terakhir.

"Cedera terparahnya ada di engkel, itu yang paling menyakitkan. Dia hanya memerlukan waktu untuk istirahat terlebih dahulu tidak mengikuti sesi latihan. Setelah itu, kami akan mengevaluasi kembali bagaimana kondisinya. Runco (Jose Luiz Runco, dokter timnas Brasil) berharap semua fans jangan khawatir, cederanya tidak menganggu laga lawan Kolombia," bebernya seperti yang dikutip dari Associated Press.

Sebenarnya, bukan hanya Neymar yang menjadi persoalan memusingkan Felipao dalam menyiapkan permainan timnya. Menurut Runco, bahkan ada tiga pemain lainnya yang masih bermasalah kondisi kebugarannya. Gustavo yang absen karena akumulasi kartu pun juga terkena cedera lutut kanan.

Second striker Oscar dan bek David Luiz ikut-ikutan masuk dalam daftar perawatan di tim medis Brasil. Oscar sementara ini masih memulihkan cedera paha kaki kiri, lalu Luiz masih memulihkan kondisinya dari problem di tulang punggung yang sudah menderanya sebelum laga lawan Cile. (ren)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prediksi Prancis Vs Jerman di Perempat Final


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler