Herman Deru dan BPJS Kesehatan Dorong Masyarakat Cinta Olahraga, Ini Alasannya

Sabtu, 15 Juli 2023 – 10:45 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru mendorong masyarakat di wilayahnya untuk mencintai olaharaga lewat dukungan pada setiap pelaksanaan kegiatan di Sumsel. Foto: dok Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sumsel Herman Deru mendorong masyarakat di wilayahnya untuk mencintai olaharaga lewat dukungan pada setiap pelaksanaan kegiatan di Sumsel. 

Hal itu diungkapkan Herman Deru saat senam HUT ke-55 tahun BPJS Kesehatan di Griya Agung Palembang, Jumat (14/7).

BACA JUGA: Herman Deru Bakal Lebih Fokus kepada Pencegah Stunting, Ini Strateginya

Menurut Herman Deru, olahraga adalah satu langkah untuk mendorong terjaganya kesehatan dan meningkatkan usia harapan hidup masyarakat.

"Sumsel termasuk provinsi dengan usia harapan hidup yang meningkat yakni 70 tahun. Ini karena adanya kesadaran masyarakat akan hidup sehat seperti olahraga," kata Herman Deru

BACA JUGA: Feby Herman Deru Harumkan Nama Sumsel di Kancah Nasional

Selain menyehatkan, lanjutnya, senam bersama merupakan bentuk kolaborasi Pemprov dan BPJS Kesehatan dalam rangka mewujudkan Sumsel Health Tourism.

"Ini langkah dalam menyongsong Sumsel health tourism. Kami ingin Sumsel menjadi pusat pariwisata kesehatan sehingga masyarakat baik lokal maupun nasional bisa belajar kesehatan di Sumsel," paparnya.

Oleh karena itu, dukungan dan ajakan untuk menjaga kesehatan dengan gemar berolahraga terus digaungkannya.

"Kami memiliki empat tahapan dalam menjaga kesehatan masyarakat seperti promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Ini masuk dalam satu satunya," terangnya.

Dia pun berharap agar kegiatan serupa terus diperluas.

"Ini harus diperluas dengan banyak melibatkan masyarakat," jelasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Palembang Sari Quratulainy mengatakan senam sehat merupakan kegiatan yang masuk dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) BPJS Kesehatan.

"Prolanis berisikan kegiatan edukasi, pemeriksaan kesehatan, hingga senam bersama seperti ini," katanya.

Prolanis tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan penyakit seperti diabetes dan hipertensi.

"Melalui program itu, kita berupaya memberikan edukasi agar masyarakat bisa mencapai kualitas hidup yang optimal," pungkas Sari.

Hadir dalam kesempatan itu, Deputi Direksi Wilayah III BPJS Kesehatan, Ketua IDI Palembang Dr. dr. Zulkhair Ali, Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru, Wakil Ketua TP PKK Sumsel dan juga Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Sumsel Hj. Fauziah Mawardi Yahya. (jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler