Herzaky Sebut Gaya Kepemimpinan AHY Tegas dan Terukur, Demokrat Makin Melejit

Rabu, 10 Februari 2021 – 23:50 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai gaya kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat tegas, terukur, dan determinasi.

Hal itu ditegaskan Herzaky untuk menanggapi pernyataan Muhammad Darmizal MS yang menyentil kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketum Demokrat.

BACA JUGA: Makin Panas! Herzaky Demokrat Kritik Balik Darmizal, Pakai Kata Murtad

Sebelumnya, Darmizal yang mengaku sebagai salah satu tokoh senior Partai Demokrat itu menilai AHY terkesan melupakan perjuangan para pendiri partai berlambang Mercy itu.

Lebih lanjut, Herzaky menyampaikan peran AHY dalam memajukan Partai Demokrat. Menurut dia, AHY pada waktu Pileg 2019 menjadi Komandan Kogasma. "Ini mandat dari Partai untuk memimpin kampanye pemenangan Pileg 2019," tegas Herzaky.

BACA JUGA: Darmizal Sentil Gaya Kepemimpinan AHY di Demokrat, Menohok Banget

AHY, kata dia, berkeliling ke seluruh pelosok nusantara. Bersinergi dan berkolaborasi dengan kader-kader di seluruh pelosok Indonesia. Benar-benar berkeringat, panas-panasan, hujan-hujanan, buat meningkatkan suara Partai Demokrat di 2019.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan perjuangan para kader yang dipimpin Mas AHY, serta dibimbing oleh Bapak SBY dari jauh karena sedang merawat almarhumah Ibu Ani yang sedang sakit, Demokrat berhasil meraih 7,77 persen suara.”

BACA JUGA: KSAL Melepas 8 Purnawirawan Pati TNI AL Termasuk Mayjen Marinir Budi Purnama

“Ini perjuangan yang tidak mudah. Dari prediksi 3-4 persen, bisa meraih 7,77 persen,” tegas Herzaky.

Lebih lanjut Herzaky mengatakan, “apakah kemudian Mas AHY mengeklaim keberhasilan itu atas jasa pribadinya? Tidak. Malah beliau menekankan militansi dan soliditas para kader yang luar biasa sebagai kuncinya.”

Padahal, kata dia, tanpa sosok AHY Demokrat tidak bakal meraih setinggi itu suaranya.

Hal ini, menurut Herzaky, yang menjadi alasan kuat para pemilik suara di Partai Demokrat, solid memilih Mas AHY selaku Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres V tahun 2020 lalu. Mereka tahu bagaimana sosok dan perjuangan Mas AHY untuk Demokrat.

Setelah AHY menjadi Ketua Umum, Partai Demokrat makin melejit. Kepemimpinan beliau dikenal sangat akomodatif.

“Beliau menekankan kebersamaan dan soliditas organisasi. Beliau sebelum menginstruksikan sesuatu, sudah memberikan contoh terlebih dahulu. Leadership by example, istilahnya,” ujar Alumnus Magister Ilmu Politik Universitas Indonesia ini.

Untuk membantu warga melawan corona, menurut Herzaky, AHY duluan menyumbang masker, ventilator, dan berbagai kebutuhan lainnya untuk masyarakat.

Membantu ekonomi warga terdampak pandemi, AHY juga duluan menyumbang sembako.

Para pengurus dan kader pun kemudian tidak segan-segan mengeluarkan dari koceknya sendiri, memberikan bantuan swadaya kepada masyarakat terdampak pandemi. Begitu juga saat bencana kemarin.

Terbukti, kata Herzaky, gelaran Pilkada 2020 menjadi buktinya. Sebanyak 48 persen kemenangan direngkuh Partai Demokrat. Dan, 65 kader yang terpilih dalam Pilkada. Tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Bahkan, menurut Herzaky, beberapa survei menunjukkan peningkatan elektabilitas yang sangat signifikan. Survei dari Indikator Politik, misalnya, Demokrat sudah di 5,9 persen pada Oktober 2020 lalu, dari 4,6 persen di Februari 2020.

Sedangkan survei nasional Polmatrix di akhir Desember 2020, Demokrat naik drastis ke 7,5 persen, dari 3,7 persen di September.

Begitu juga survei Voxpopuli Research Center, elektabilitas Partai Demokrat naik 54 persen di Januari 2021, tepatnya di 5,1 persen, dibandingkan 3,3 persen di Oktober 2020.(fri/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler