Hingga H+2 Lebaran, Penumpang Kereta Api Masih Tinggi

Rabu, 04 Mei 2022 – 23:03 WIB
Penumpang kereta api. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat pada Lebaran hari pertama dan kedua, jumlah penumpang masih tinggi.

Pada hari pertama Lebaran atau 2 Mei 2022, volume KA Jarak Jauh mencapai 103.414  pelanggan dengan okupansi 85% dari total tempat duduk yang disediakan.

BACA JUGA: Mudik Lebaran 2022, Angkasa Pura I Bakal Layani 2,4 Juta Penumpang

Adapun pada hari kedua Lebaran atau 3 Mei 2022, volume KA Jarak Jauh mencapai 146.322 pelanggan dengan okupansi 120% dikarenakan adanya penumpang dinamis.

VP Public Relations KAI Joni Martninus menjelaskan banyaknya penumpang pada hari pertama dan kedua Lebaran dipengaruhi oleh berbagai motif.

BACA JUGA: Hari Kedua Lebaran, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara AP II Tembus Sebegini

Seperti ingin bepergian setelah salat Idulfitri di Jakarta, ataupun memilih bepergian pada tanggal-tanggal alternatif, serta pelanggan yang baru berkesempatan mudik.

Okupansi pelanggan KA Jarak Jauh juga tercatat cukup tinggi pascalebaran.

BACA JUGA: Kalap Saat Lebaran, Ini 4 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Pada periode 4-8 Mei atau H+1 sampai H+5 Lebaran, rata-rata volume harian mencapai 120.529 pelanggan dengan rata-rata okupansi harian mencapai 99%.

Adapun pada periode 9-13 Mei atau H+6 sampai H+10 Libur Lebaran, tempat duduk KA Jarak Jauh masih cukup banyak tersedia dengan rata-rata pelanggan yaitu 49.794 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi harian yaitu 41%.

“Kami mengajak masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api pada momen pascalebaran. Jumlah tempat duduk kereta api masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian selagi cuti bersama dari pemerintah masih berlangsung,” kata Joni.

Sementara rute favorit penumpang selama mudik lebaran yakni Jakarta-Bandung, Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Surabaya, dan lainnya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler