HMI Dukung Terobosan Program Satu Juta Petani Milenial yang Digagas Kementan

Senin, 17 Juni 2019 – 12:56 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan sambutan pada acara silaturahmi dan buka bersama keluarga besar Kementerian Pertanian dan pelbagai pihak di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (27/5). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Penyediaan bahan pangan selalu menjadi isu yang menarik bagi berbagai pihak. Lantaran tak ada satupun makhluk hidup di muka bumi, yang dapat dipisahkan dari kebutuhan akan pangan. Itu sebabnya 

Program dan inovasi yang dilakukan pemerintah dalam pemenuhan pangan, juga senantiasa mendapat perhatian dari banyak kalangan.

BACA JUGA: Mekanisasi Pertanian Tekan Biaya Operasional Hingga 48 Persen

Salah satunya upaya pemerintah melibatkan lebih luas lagi generasi milenial dalam pembangunan pertanian dengan meluncurkan Program Satu Juta Petani. 

Menurut Ketua Bidang Pertanian dan Kelautan Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Zaenal Arif, langkah tersebut sangat relevan untuk diterapkan mengingat gencarnya transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern yang digagas Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman.

BACA JUGA: Mentan Bantu Korban Banjir di Tujuh Kabupaten Sulsel

"HMI mendukung terobosan (program) Satu Juta Petani Milenial yang digagas Kementerian Pertanian. Memang selama ini PR (Pekerjaan Rumah-Red) kami kan hanya soal SDM (sumber daya manusia) saja yang sangat rendah. Artinya akses keinginan untuk memanfaatkan teknologi itu kurang. Makanya perlu anak-anak muda untuk mendobraknya," ujar Zaenal.

Zaenal menuturkan, untuk membangkitkan semangat ini, sebaiknya pemerintah mengintensifkan komunikasi dialog dan diskusi publik dengan kelompok komunitas pertanian atau menerobos pintu-pintu kampus.

BACA JUGA: Layak Dicontoh, Ditjen PSP Kementan Beri Bantuan Korban Banjir di Sultra

"Menurut saya pemerintah harus lebih merangkul komunitas pertanian dan memanfaatkan teman-teman muda yang memiliki kemampuan di bidang pertanian. Karena melalui komunitas, kami bisa menerapkan sisi perjuangan. Makanya harus anak muda yang masuk, jangan yang tua," katanya.

Di samping itu, Zaenal mengapresiasi berbagai konsep dan terobosan Mentan Amran yang mampu meningkatnya produksi pertanian dan menurunkan inflasi sesuai angka yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). Dia berharap, pencapaian ini benar-benar membawa Indonesia mencapai swasembada serta menjadi lumbung pangan dunia.

"Pandangan saya terhadap pertanian sekarang sudah ada peningkatan, karena banyak terobosan yang dilakukan Kementerian Pertanian. Walaupun untuk menyelesaikan masalah belum sepenuhnya terselesaikan," katanya.

HMI memiliki 218 cabang di seluruh Indonesia. Dua di antaranya ada di luar negeri. Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk badan peneliti yang mempelajari program pertanian baik dari sisi teknis maupun ekonomis.

"Kami (HMI) memang sedang fokus ke sana. Kami akan mempelajari semua program pertanian dari semua sisi, termasuk sisi ekonominya," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mencetuskan Gerakan Satu Juta Petani Milenial di seluruh Indonesia. Gerakan ini merupakan langkah pemerintah untuk menambah daya gedor produksi komoditas pertanian yang berorientasi pada ekspor.

"Petani milenial yang sudah bergabung kurang lebih 400 ribu orang. Kami targetkan 1 juta orang tahun ini. Kami mendorong pemuda-pemuda tani untuk turun ke sektor pertanian karena kita sudah bertransformasi dari pertanian tradisional ke pertanian modern," tukas Amran beberapa waktu lalu.

Mentan berharap dengan teknologi generasi milenial mau bercocok tanam, peduli dengan nasib petani dan siap meningkatkan produksi pangan Indonesia. Selain itu, teknologi membuat petani kini lebih bersemangat.

Perlahan manfaat dari program transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern yang diusung Pemerintah dengan mendistribusikan ribuan alat mesin pertanin (alsintan) telah dirasakan petani di tanah air.

Kardjono, petani di Sukoharjo, Jawa Tengah mengaku semua bantuan mesin pertanian sudah beroperasi dan digunakan petani di wilayahnya setiap hari. 

Ada 5 Desa yang menggunakan alsintan bantuan Kementan. Kelima Desa itu antara lain Wareng dan Galangan. Kata dia, para petani dari 5 desa tersebut sama-sama memiliki hak dalam menggunakan mesin.

"Tentu saja sangat bermanfaat, utamanya dalam peningkatan produksi. Sebelum menggunakan Alsintan hasil sawah  sekitar 7 ton per ha. Sekarang bisa mencapai 9 ton per ha bahkan lebih. Kami petani jadi lebih bersemangat," tandas Karjono.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kartu Tani Rusak, Petani Tetap Bisa Beli Pupuk Subsidi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler