Horeee! Bu Khofifah Gratiskan Biaya Sewa 4 Rusunawa Ini Selama 2 Bulan

Selasa, 04 Mei 2021 – 19:15 WIB
Rusunawa Sumurwelut. Foto: Humas Pemprov Jatim

jpnn.com, SURABAYA - Kabar gembira bagi penghuni empat rusunawa di antaranya Gunungsari, SIER, Jemundo, dan Sumurwelut. Pemerintah Provinsi akan mengharuskan biaya sewa mulai Mei-Juni 2021. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan digratiskannya biaya sewa selama dua bulan itu untuk meringankan beban masyarakat di kala pandemi Covid-19. 

"Penggratisan sewa rusunawa ke depan ini, kami harap bisa sedikit meringankan beban masyarakat," ujar dia, Senin (3/5) 

Berdasarkan data Dinas PU Cipta Karya Jatim, total biaya sewa yang digratiskan pada 867 unit rusunawa tersebut sebesar Rp446,84 juta dengan rincian berbeda-beda untuk masing-masing hunian. 

Mantan Menteri Sosial itu memerinci untuk Rusunawa Gunungsari 268 unit sebesar Rp68,4 juta, SIER 65 unit Rp16,7 juta. Kemudian Jemundo 68 unit Rp17,420 juta, dan Sumurwelut 466 unit Rp120,900 juta. 

Ketum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu menambahkan, pembebasan biaya sewa rusunawa telah diatur dalam Perda Provinsi Jatim Nomot 1 Tahun 2012 Tentang Retribusi Daerah Bab XIII Pasal 75 ayat 1. 

Selain itu, juga diatur dalam Pergub Jatim Nomor 34 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Provinsi Jatim Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Daerah bagian kedua Pasal 9 ayat 1. 

"Semua kebijakan yang diambil ada aturannya, termasuk dengan pembebasan biaya sewa rusunawa ini. Harapannya, kebijakan ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk kesejahteraan masyarakat Jatim," kata Khofifah. 

Menurut dia, biaya sewa penghuni rusunawa bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

"Pandemi Covid-19 ini memang berdampak terhadap semua lapisan masyarakat, apalagi mereka yang menghuni rusunawa. Tetap tinggal di rusunawa, Idulfitri tahun ini jangan mudik dulu," pungkas Khofifah. (mcr12/jpnn)

BACA JUGA: Sama-Sama Orang Dekat Jokowi, Airlangga-Khofifah Bisa Jadi Duo Berbahaya di Pilpres 2024

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berita Gembira dari Bu Khofifah, Ada Diskon Pajak Kendaraan Bermotor dan Hadiah Tabungan Umrah


Redaktur & Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler