Hotel Santika Terbakar, Tamu Berhamburan

Sabtu, 25 September 2010 – 11:45 WIB
PONTIANAK- Para tamu Hotel Santika Pontianak dikejutkan oleh peristiwa kebakaran yang terjadi Jumat (24/9) sekitar pikul 00.30 WIBApi sempat melahap sebagian ruangan di hotel mewah yang terletak di Jalan Diponegoro, Pontianak itu

BACA JUGA: Brimob Diterjunkan ke Aceh Tamiang



Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, api berasal dari ruangan menuju tangga darurat di lantai tiga
Ruangan ini berada di pojok kiri hotel dan bersebelahan dengan kamar 327

BACA JUGA: PNS Masih Bolos, Tengku Berang

Akibat korsleting listrik, api membakar kabel yang berada di atas plafon, sehingga menimbulkan asap tebal.

Tamu-tamu yang mengisi 80 kamar hotel panik dan keluar dari kamarnya
Ada yang membawa barang-barangnya

BACA JUGA: Biadab, Saat Orang Shalat Dihabisi

Namun ada juga yang masih meninggalkan barang bawaannya di dalam kamar.

Pemadam kebakaran yang mendapatkan laporan menerjunkan seluruh kekuatannyaMereka berjibaku mencari sumber api dan memadamkannya“Saat itu terlihat api berada di plafon ruangan ujung lantai tigaUntuk memadamkan api, plafon terpaksa di rusakMenurut petugas hotel akibat korsleting listrik,” ungkap Luhut, 35, petugas pemadam kebakaran dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Pontianak.

Hanya dalam waktu singkat, api dapat dikuasaiPetugas yang awalnya memenuhi di sekitar hotel, berangsur-angsur balik kananSementara kejadian ini tak luput dari tontonan warga yang memadati lokasi.

Hamrani (36), koki hotel yang bertugas saat itu menuturkan, sedang masak di dapurLalu melihat asap mengepul, namun tidak melihat adanya apiIa pun mematikan kompornya dan keluar“Lalu saya menggedor pintu kamar tamu, menyuruh keluar dan membantunya,” katanya.

Sementara itu salah satu tamu, Ion (43), menerangkan, ketika sedang berada di kamarnya di lantai lima, mendengar ribut kebakaranDia keluar kamar dan melihat banyak asapPetugas hotel memintanya turun“Saya biasa saja tidak panik, sebab hanya ada asap dan tidak kelihatan api,” ujar warga Jakarta yang baru sehari menginap ini.

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Rachmat Mulyana, melalui Kasat Reskrim, Kompol Sunario menjelaskan, api berasal dari ruangan tangga darurat di lantai tiga yang berada di samping kamar 327Diduga akibat korsleting listrik yang berada di plafon ruangan tersebut, sehingga menimbulkan api dan membakar kabel“Akibat korsleting listrik, kemudian membakar kabel,” jelasnya.

Ada lima saksi yang dimintai keterangan atas kejadian tersebutKelima saksi itu terdiri dari karyawan hotel dan tamu“Police line sudah dibuka dan tidak ada korban dalam kejadian tersebut,” terang Sunario.

Agus Suyatna, General Manager Hotel Santika mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan penyebab kejadian tersebutPihaknya tidak ada melihat api dalam kejadian tersebutHanya asap yang berasal dari ruang tangga darurat di lantai tigaIni diketahui setelah alarm berbunyi“Selain itu, memang setiap satu jam petugas ada yang keliling mengontrol, sehingga dengan cepat diketahui,” katanya.

Dikatakan Agus, peristiwa tersebut hanya kejadian kecil yang dapat langsung ditanggulangiSehingga semua kamar aman dan seketika itu juga aktivitas hotel berjalan seperti biasanyaSebab pihaknya memberikan penanganan terhadap tamu secara baik.

Diakuinya saat kejadian ada sekitar 20 tamu yang langsung pindah ke hotel lainNamun masih banyak juga tamu yang tetap bertahan di hotel mereka“Untuk kerugian masih belum diketahuiNamun yang pasti hanya kerugian yang ada di plafon saja,” pungkasnya(arm/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggap Mendesak Qanun Pakaian Ketat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler