Hotel Tentrem Jakarta Siap Dibuka 2024, Memadukan Konsep Budaya Lokal dengan Fasilitas Bintang Lima

Jumat, 21 Juli 2023 – 15:30 WIB
Direksi PT Hotel Candi Baru Irwan Hidayat dalam acara ceremony topping off Hotel Tentrem Jakarta, Kamis (20/7). Foto: Romaida/JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - PT Hotel Candi Baru bersama PT Praja Karalan Perdana akan menghadirkan Hotel Tentrem Jakarta yang rencananya dibuka pada 2024 di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten.

Hotel Tentrem Jakarta pada Kamis (20/7) melaksanakan ceremony topping off di lokasi.

BACA JUGA: Hotel Tentrem Ketiga Hadir di Jakarta, Merek & Arsitek Indonesia, Konsep Nusantara

Acara itu sebagai ucapan rasa syukur atas selesainya pembangunan, sekaligus menjadi tonggak sejarah bagi Hotel Tentrem Jakarta.

Topping off Hotel Tentrem Jakarta dihadiri langsung oleh Direksi PT Praja Karalan Perdana Agus Budiono Pikanto beserta Karina Pikanto.

BACA JUGA: Mbak TM Tak Berkutik Saat Dibekuk di Hotel, Barbuknya Alat Kontrasepsi

Lalu, hadir pula Direksi PT Hotel Candi Baru Irwan Hidayat, David Hidayat, Mario Hidayat dan Irene Hidayat, serta Presiden Direktur PT Alam Sutera Joseph Tjong.

Direksi PT Hotel Candi Baru Irwan Hidayat mengatakan ini kali pertama Hotel Tentrem dikelola oleh partner.

BACA JUGA: Jam Tangan Mewah Milik Asisten Pelatih Timnas U-19 Thailand Hilang di Hotel Palembang

Sebelumnya, Hotel Tentrem yang berada di Semarang dan Yogyakarta dibangun dan dikelola sendiri oleh PT Hotel Candi Baru.

Irwan mengaku senang ada pihak yang tertarik menghadirkan hotel bintang lima bernama dan bernuansa budaya lokal di Jakarta.

"Karena kalau kami lihat hotel-hotel di Jakarta ini, kan, pakai nama-nama asing. Jadi, kami beruntung, punya hotel pakai nama Indonesia, bahkan Jawa," kata Irwan kepada awak media dalam acara ceremony topping off Hotel Tentrem Jakarta, Kamis (20/7).

Acara topping off ditandai dengan prosesi penuangan adukan semen terakhir di lantai 18 Hotel Tentrem Jakarta oleh jajaran pihak yang terlibat.

Dalam prosesi ini, Irwan Hidayat menggunakan cangkul pertama yang dipakai saat groundbreaking Hotel Tentrem Yogyakarta pada 2012 lalu.

Cangkul emas berpita biru yang digunakan untuk menuang semen itu memiliki makna tersendiri bagi sejarah Hotel Tentrem.

"Ini cangkul dipakai waktu Hotel Tentrem groundbreaking 2012. Dibawa dan dipakai lagi di sini," ujarnya.

Usung Konsep Budaya Lokal

Hotel Tentrem berhasil meraih reputasi tinggi di Yogyakarta dan Semarang karena memadukan konsep lokal yang keren dengan fasilitas bintang lima.

Konsep tersebut tentunya akan dibawa pula dalam Hotel Tentrem Jakarta, mengangkat nilai budaya lokal Indonesia melalui konsep desain yang autentik dan modern.

Hotel Tentrem Jakarta menyediakan 200 kamar, dari tipe deluxe sampai presidential suite.

Hotel ini juga menyediakan berbagai jenis restoran, mulai dari Chinese restaurant, upscale restaurant, hingga kafe berkonsep alfresco. 

Grand ballroom Hotel Tentrem diklaim sebagai ballroom terluas dan termegah di kawasan Alam Sutera. 

Prosesi topping off Hotel Tentrem Jakarta di lokasi, Alam Sutera, Tangerang Selatan. Foto: Romaida/JPNN.com.

Adapula fasilitas lain,. seperti ruang meeting, spa, kolam renang, gym dan lounge beserta ragam fasilitas berbintang lima.

Sejak awal didirikan, Hotel Tentrem dibangun dan dirancang oleh pihak terbaik di industri kreatif dan bisnis perhotelan Indonesia.

Manajemen mempercayakan talent lokal, seperti konsultan desain terkemuka di Indonesia, Hadiprana sebagai desainer arsitek sekaligus interior untuk properti ini. 

Bersama dengan developer Praja Karalan Perdana, keduanya mengangkat konsep desain yang menceritakan kultur dan budaya khas Jawa, disertai penggunaan bahan material dan teknik desain tradisional.

Direksi PT Praja Karalan Perdana Karina Pikanto berharap bisa menonjolkan spirit dan passion yang sama di Hotel Tentrem Jakarta.

"Semoga hotel ini menjadi kebanggaan bagi kita semua," ujar Karina.

Sekadar informasi, nama Tentrem diambil dari bahasa Jawa yang berarti perasaan damai.

Makna ini juga membawa konsep keselarasan antara alam semesta dan kehidupan manusia yang tenang dan membawa kedamaian. (mcr31/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler