Hujan Hujan Lebat, Amukan Bromo Menurun

Kamis, 17 Desember 2015 – 08:20 WIB
Ilustrasi. FOTO: jpnn.com

jpnn.com - PROBOLINGGO - Hujan lebat mengguyur sejumlah desa di kawasan Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, kemarin. Termasuk Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, yang menjadi lokasi paling dekat dengan Gunung Bromo. 

Turunnya hujan lebat itu berdampak pada kondisi gunung yang menjadi ikon Jawa Timur tersebut. Aktivitas vulkanis Bromo yang sempat meningkat beberapa waktu terakhir itu justru menunjukkan indikasi penurunan. 

BACA JUGA: Pejabat Di Gorontalo Mulai Cari Muka

Berdasar data seismograf yang dikeluarkan pos pengamatan gunung api (PGA), aktivitas Bromo cenderung menurun. 

Penurunan tersebut terlihat dari data yang dikeluarkan PGA kemarin dalam interval waktu pukul 12.00-18.00. 

BACA JUGA: Waduh... Napi Kabur Saat Hendak Dibawa ke Rumah Tahanan

Tercatat tremor amplitudo maksimal berada pada level 4-27 milimeter dengan angka dominan 9 milimeter. 

Hal itu berbeda dengan data seismograf pada pukul 06.00-12.00. Saat itu, tremor amplitudo maksimalnya lebih tinggi, yakni 5-33 milimeter, dengan angka dominan 13 milimeter.

BACA JUGA: Gara-Gara Kaligrafi, Tiga Oknum PNS Ditangkap Polisi

Menurut Kepala Pos Vulkanologi Bromo Ahmad Subhan, kondisi Bromo setiap hari memang berbeda. ''Ada kalanya naik, ada kalanya turun,'' tuturnya kemarin. 

Selain amplitudo maksimal, perbedaan terlihat pada ketinggian asap Bromo. Kemarin pukul 06.00-12.00, ketinggian asap mencapai 1.250 meter di atas puncak kawah (mdpk) atau 3.579 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Pergerakan asap mengarah ke timur laut dan tenggara. Karena pergerakan angin pula, pos PGA sempat diguyur hujan abu tipis dari kawah Bromo.

Lalu, pada pukul 12.00-18.00, ketinggian asap menjadi 900 mdpk atau 3.229 mdpl. Asap terpantau bergerak ke arah tenggara dan barat daya. Sementara itu, soal suhu dan visual lainnya, tidak terjadi perbedaan. 

Sejauh ini, PGA yang berada di bawah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus memantau dan mengirim laporan secara berkala soal kondisi Bromo. Hingga kemarin, Bromo tetap berstatus siaga atau level 3. (rf/mie/c23/dwi/mas) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditinggal ke Dalam Rumah, Bocah Main ke Tetangga Sebelah, Ditemukan Innalillah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler