HUT Ke-22 Epson Indonesia, Perjalanan dan Pencapaian Bisnis Luar Biasa

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 14:25 WIB
Perayaan HUT ke-22 Epson Indonesia. Foto: Dok Epson

jpnn.com, JAKARTA - Epson Indonesia tetap melaju dan berkembang dari segi bisnis, pelayanan, dan distribusi di seluruh Indonesia setelah melewati masa pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda Epson Indonesia merayakan HUT ke-22 pada 28 Oktober 2022.

BACA JUGA: Epson Luncurkan Printer Foto SureColor Anyar, Teknologi di Dalamnya Canggih Banget

Direktur PT Epson Indonesia Muto Yusuke mengatakan selama 22 tahun Epson berada di Indonesia merupakan perjalanan yang luar biasa dalam proses bisnis.

Hal itu tak lepas dari peran dan dedikasi para mitra dan stakeholder dan juga dukungan dari seluruh karyawan Epson Indonesia untuk pencapaian yang luar biasa.

BACA JUGA: Pabrik Printer Epson Mulai Gunakan Listrik Terbarukan Biomassa

“Inovasi dan perkembangan teknologi terhadap proses bisnis yang dilakukan oleh Epson Indonesia tidak terlepas dari kepercayaan para pelanggan dan dedikasi para mitra serta stakeholder kami. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiannya dalam melangkah secara bersama dan saya harap Kerjasama ini terus berjalan berkelanjutan” ucap Yusuke dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/10).

Menurutnya, ada yang berbeda pada perayaan hari jadi Epson Indonesia tahun ini.

BACA JUGA: Gandeng WWF, Epson Indonesia Dukung Rehabilitasi Terumbu Karang dan Wisata Bahari di Alor

Epson Indonesia mengusung tema Reviving Spirit yang diharapkan dapat terus bersemangat dan bangkit dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.

Epson juga mendukung program sosial dengan berkolaborasi dengan oraganisasi sosial yakni Palang Merah Indonesia dalam melakukan program Blood Donation (Donor darah) yang dilakukan di beberapa lokasi yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Medan dan Yogyakarta.

Kegiatan blood donation ini dibuka untuk internal Epson Indonesia dan public sekitar dan telah dilaksanakan pula di Makassar pada tanggal 13 – 16 Oktober 2022.

Bertepatan dengan pameran Epson 22nd Anniversary di Atrium Mal Ratu Indah Makassar.

Kemudian, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Epson Indonesia yaitu Epson Goes to School (EGTS) yang merupakan program berkelanjutan dari Epson Indonesia.

"Melalui program EGTS Epson memberikan dukungan sebagai proses peningkatan taraf pendidikan di Indonesia dengan menyalurkan bantuan prasarana pendidikan berupa 10 (sepuluh) unit Printer L Series yang diberikan kepada perwakilan 10 sekolah yang berada di wilayah Jakata, Bekasi, dan Tangerang," beber Yusuke.

Head of Finance and Corporate Services PT Epson Indonesia Muhammad Husni Nurdin mengatakan Epson Indonesia menyasar dunia pendidikan dan sosial dalam rangkaian 22 tahun hadirnya Epson di Indonesia.

Sebab, hal itu sebagai bentuk dedikasi dan perhatian terhadap pendidikan.

“Kami memiliki motivasi mengapa program sosial menjadi pilihan kami dalam rangkaian hari jadi Epson Indonesia yang ke 22 tahun, karena produk unggulan yang dimiliki Epson sebagian besar adalah prasarana penunjang pendidikan yakni printer dan proyektor," ungkap Husni.

Adapun printer dan proyektor adalah teknologi yang dibutuhkan sebagai upaya peningkatan taraf Pendidikan.

"Sebenarnya program ini telah kami lakukan selama 12 tahun dan diharapkan Epson dapat terus berlanjut kedepannya khususnya bagi sekolah yang mendapatkan perhatian khusus dalam peningkatan prasarana” ujar Husni.

Tidak hanya memperingati hari jadi yang ke 22 tahun, Epson Indonesia juga meluncurkan produk unggulan lainnya yakni Robo Café.

Berbekal kecanggihan teknologi dengan pelayanan digital berbasis robot merupakan satu terobosan baru dari Epson Indonesia pada Café yang berada di The Galery Cibis Park, Jakarta.

Epson Robot 6 Axis VT6L merupakan seri yang digadang menjadi robot kopi dengan pelayanan utama 9 coffee menu yang dapat dipilih melalui layar sentuh.

Manager Robotic Business Unit PT Epson Indonesia Rudyanto Sudarman menyampaikan di Robo Cafe pelanggan bisa memesan minuman secara online atau dengan menggunakan layar sentuh.

Kemudian, minuman akan disiapkan oleh robot buatan Jepang ini yaitu Epson robot 6 Axis VTL.

"Tidak ada interaksi antar manusia, hal ini juga meminimalisir penyebaran virus covid-19 walaupun kini kita telah memasuki era endemic” ujarnya.

Ulang Tahun ke-40 Epson Southeast Asia: Vision Beyond

Selang seminggu dari perayaan ulang tahun Epson Indonesia yang ke 22 tahun, Epson Regional Asia Tenggara pun telah merayakan hari jadinya tepat 40 tahun pada OKtober 2022 yang telah dilakukan di Kantor Pusat Epson Asia Tenggara di Singapura.

Pada perayaan tersebut Epson Regional menyebutkan bahwa Asia Tenggara siap menjadi pasar terbesar ke-4 di dunia pada 2030.

Epson akan menghadirkan potensi pasar yang signifikan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas untuk berbagai manfaat bisnis.

Demikian pula, Epson telah memperluas kehadirannya di seluruh Asia Tenggara selama empat dekade terakhir dengan investasi yang signifikan ke wilayah tersebut, termasuk pembukaan kantor di Malaysia pada 1991, Thailand dan Filipina pada 1998, Indonesia pada 2000 dan Vietnam pada 2018. Baru-baru ini, 2022 menyaksikan peluncuran Pusat Solusi Epson lokal di seluruh Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Perkembangan dampak regional Epson dimungkinkan karena rekam jejaknya dalam industri – secara konsisten mempertahankan pangsa pasar nomor 1 di wilayah SEA Asia Tenggara untuk Printer Tangki Tinta, Proyektor, Printer Tekstil Sublimasi Pewarna, Robot SCARA, Perangkat Pengaturan Waktu, dan banyak lagi

Regional Managing Director Epson Southeast Asia Siew Jin Kiat mengatakan pencapaian dan produk yang disorot menunjukkan bagaimana Epson telah membangun kepemimpinan pasar dominan mereka di seluruh kategori produk B2C dan membuat kemajuan yang signifikan untuk menangkap peluang pasar yang menonjol dalam kategori B2B.

Misi untuk 'Vision Beyond' adalah untuk meniru tingkat kesuksesan yang telah dicapai Epson dalam produk B2C dan mengubah komitmen ini untuk menangkap pangsa pasar yang signifikan di segmen B2B.

"Saat kami merayakan ulang tahun ke-40, kami tetap berkomitmen pada visi memberdayakan kehidupan dengan inovasi berkelanjutan. Dengan keberlanjutan menjadi keharusan dalam lingkungan bisnis saat ini, kami menyadari kebutuhan mendesak untuk tindakan kolektif," kata Kiat.

Senada dengan hal tersebut Presiden Global dan CEO Epson Yasunori Ogawa mengatakan pihaknya menandai tahun ke-80 kami dalam bisnis pada Mei tahun ini.

Menjalankan kreativitas dan tantangan terus-menerus untuk memberikan produk dan layanan yang terus melampaui harapan pelanggan terus dipandu oleh filosofi unik Epson tentang inovasi yang efisien, ringkas, dan tepat yang telah kami kembangkan sejak didirikan.

"Tujuan kami adalah memanfaatkan nilai luar biasa yang dihasilkan inovasi ini untuk mengatasi keberlanjutan dan masalah sosial lainnya, dengan tujuan akhir membantu menciptakan dunia yang lebih baik dan memperkaya kehidupan masyarakat," pungkas Ogawa. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jalin Silaturahmi dengan Media Massa, Epson Indonesia Kunjungi Graha Pena


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler