HUT ke-79 Provinsi Jateng, Nana Sudjana: Momentum Instrospeksi dan Evaluasi Kinerja

Senin, 19 Agustus 2024 – 16:06 WIB
PJ Gubenur Jateng Nana Sudjana. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, HUT ke-79 Provinsi Jateng yang jatuh pada 19 Agustus 2024, perlu dijadikan sebagai momentum untuk intropeksi dan evaluasi kinerja.

"Selalu berintrospeksi diri dan mengevaluasi kinerja yang sudah kita lakukan," tutur Nana, saat ditemui usai menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi ke-79 Jateng di Lapangan Pancasila, Kota Salatiga, pada Senin (19/8).

BACA JUGA: Kado HUT Provinsi Jateng: Ekonomi Tumbuh, Kemiskinan Menurun

Dibeberkan Nana, Pemprov Jateng terus bekerja untuk kesejahteraan masyarakat. Hingga kini, sudah banyak kinerja yang menuai prestasi.

Di antaranya inflasi terkendali dengan baik, pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif, angka kemiskinan dan pengangguran yang berkurang, serta capaian nilai investasi yang tinggi.

BACA JUGA: Hari Jadi Provinsi Jateng, Nana Sudjana Lari Bareng Ribuan Warga di Salatiga

Berdasarkan data, perekonomian Jawa Tengah pada Triwulan II 2024 tumbuh positif sebesar 4,92% secara year on year (y-on-y). Inflasi secara y-on-y terkendali dengan baik di angka 1,86% pada Bulan Juli 2024.

Angka kemiskinan ekstrem juga turun, dari 1,97% di tahun 2022 menjadi 1,11% pada tahun 2023. Angka pengangguran Jawa Tengah mengalami penurunan dari sebesar 5,13% pada Agustus 2023 menjadi 4,39% pada Februari 2024.

BACA JUGA: Ribuan Warga Sambut Antusias Pergelaran Fun Run Hari Jadi ke-79 Provinsi Jateng

Pun demikian, tetap masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan. Nana berharap kemajuan Jateng di masa mendatang, sejalan dengan tema ulang tahun ke-79 yakni Maju Gemilang.

Dikatakan Nana, dalam membangun pemerintah agar bisa meju gemilang, perlu adanya kebersamaan dan sinergitas dari banyak pihak.

Salah seorang pelajar SMA Negeri 1 Salatiga, Ratih berharap, Jawa Tengah bisa memberi ruang bagi siswa-siswi untuk mengekspresikan bakat dan minatnya, sehingga akan membantu mereka menggapai masa depan.

Sebagai informasi, perayaan ulang tahun Jateng dipusatkan di Kota Salatiga. Berbagai kegiatan dipersembahkan kepada masyarakat. Antara lain bakti sosial, pameran UMKM, pagelaran wayang kulit, lomba band, Jateng Bersholawat, fun run dan konser musik yang menghadirkan artis nasional.(jpnn.com)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler