HUT ke-79 RI, Pelindo Gelar Aksi Sosial dan Lingkungan 

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 10:35 WIB
Pelindo melaksanakan penanaman 7.900 pohon di berbagai wilayah Indonesia, yang melibatkan seluruh kantor regional dan anak perusahaan dalam rangkaian memperingati HUT ke-79 RI. Dokumentasi Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyelenggarakan serangkaian aksi sosial hingga lingkungan untuk memeriahkan HUT ke-79 RI.

Salah satu kegiatan utama yang digelar adalah bazaar UKM, yang berlangsung serentak hari ini di empat kota besar, yakni Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar. 

BACA JUGA: Pelindo Dorong Pengembangan UMK Maritim Lewat Developing Great Maritimepreneur

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan di masing-masing lokasi bazar puluhan UKM binaan Pelindo serta usaha lokal juga ikut terlibat.

Selain itu, Pelindo juga menyelenggarakan program Port Visit yang melibatkan 400 pelajar Sekolah Dasar di keempat kota tersebut. 

BACA JUGA: Bank Mandiri dan Pelindo Perkuat Kemitraan dalam Mendorong Pengembangan Infrastruktur

Program ini bertujuan memperkenalkan para pelajar mengenai dunia kepelabuhanan dan peran BUMN dalam perekonomian nasional, sekaligus menjadi ajang sosialisasi anti-bullying

"Sebagai BUMN yang memiliki bisnis utama pengelolaan kepelabuhanan, Pelindo selalu berkomitmen untuk tidak hanya menjadi penggerak ekonomi nasional, tetapi juga menjadi perusahaan yang membawa perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat," kata Arief dikutip, Sabtu (17/8).

BACA JUGA: Rayakan HUT ke-3, PT Pelabuhan Indonesia Kembali Gelar Program Pelindo Mengajar

Sebelumnya, Pelindo mengadakan edukasi safety riding dan memberikan layanan servis motor gratis sebagai uoaya mendukung K3 di wilayah sekitar pelabuhan. 

Program itu diikuti pengemudi ojek online, ojek pangkalan, dan ojek koperasi di empat kota besar tersebut dengan total peserta 316 pengemudi atau 79 orang per kota. 

Para pengemudi menerima voucher servis ringan senilai Rp 300 ribu yang dapat digunakan di bengkel yang ditunjuk oleh masing-masing kantor Regional dan Sub Holding Pelindo. 

Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan setiap peserta diminta menandatangani Pakta Komitmen tertib berlalu lintas, yang akan dipasang di ruang publik di wilayah pelabuhan. 

Selanjutnya, dilakukan pengukuran tingkat pemahaman melalui pre-test dan post-test untuk memastikan peserta memahami safety riding.

Masih dalam rangkaian HUT RI, lanjut Ardhy, Pelindo melaksanakan penanaman 7.900 pohon di berbagai wilayah Indonesia, yang melibatkan seluruh kantor regional dan anak perusahaan. 

Penanaman pohon secara serentak ini merupakan bagian dari upaya Pelindo mengurangi emisi karbon dan melindungi wilayah sekitar pelabuhan dengan konsep green belt.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah Lomba penataan lingkungan di sekitar pelabuhan dengan tema kemerdekaan dan pelabuhan yang diselenggarakan di Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar. 

Program ini mencakup revitalisasi dan dekorasi lingkungan warga, dengan bantuan sebesar Rp 5 juta per lingkungan yang diselenggarakan oleh masing-masing Regional dan Sub Holding. 

Dua pemenang di setiap wilayah mendapatkan bantuan lanjutan sebesar Rp 25 juta atau total Rp 200 juta di keempat kota untuk mempercantik lingkunganya.

“Melalui berbagai program sosial ini, kami merayakan semangat kemerdekaan yang tidak hanya dirasakan dalam perayaan, tetapi juga diwujudkan dalam tindakan nyata yang berdampak bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar Ardhy. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler