Hutan Mangrove juga Berfungsi sebagai Benteng Pertahanan Negara

Jumat, 26 Juli 2024 – 14:46 WIB
Hutan Mangrove. Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kawasan mangrove Indonesia bukan hanya sebagai penjaga ekologis yang mampu penyerap emisi gas rumah kaca, tetapi juga berfungsi sebagai benteng pertahanan negara, sehingga kelestariannya harus dijaga.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong seusai membuka diskusi publik bertajuk “Mangrove For Future” yang diselenggarakan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) di Jakarta, Jumat (26/7).

BACA JUGA: BRGM Sudah Restorasi Gambut Seluas 1,8 Juta Hektare, Alhamdulillah

"Hal paling penting yang tidak semua orang memahami kenapa mangrove harus baik, lestari, karena mangrove itu bagian ecological defence system negara dari ancaman serangan fisik dunia luar," kata Alue Dohong.

Alue mengatakan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama BRGM saat ini sedang fokus untuk mengembalikan kelestarian hutan mangrove yang sudah semakin terdegradasi di Pesisir Utara Pulau Kalimantan yang berbatasan dengan beberapa negara.

BACA JUGA: 193.100 Mangrove Ditanam Untuk Pulihkan Ekosistem Lingkungan di Kalsel

Salah satu contohnya hutan mangrove di Desa Liangu Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, yang semakin terdegradasi akibat alih fungsi menjadi tambak seluas 106.134 hektare dari total 326.396.37 hektare wilayah mangrove yang ada di provinsi itu.

"Jadi, tidak bisa dibiarkan karena merupakan wilayah penting untuk dijaga kelestariannya.”

BACA JUGA: Restorasi Gambut dan Mangrove Menuntut Keseriusan, BRGM di Garda Terdepan

“Kalau mangrove di sana rusak sama saja kita membuka kesempatan supaya musuh lebih mudah masuk ke rumah kita, beradu kekuatan dan lainnya," sambungnya.

Di tempat yang sama, Kepala BRGM Hartono mengatakan berdasarkan analisis citra satelit 49 persen dari 106.134 hektare tambak tersebut sebelumnya berupa hutan mangrove di Kalimantan Utara. Untuk itu, sejumlah titik ditargetkan untuk direhabilitasi.

BRGM menargetkan untuk rehabilitasi mangrove di Kalimantan Utara melalui penanaman seluas 31.374 hektare selama tiga tahun ke depan dengan dukungan program M4CR.

"Kami akan konsisten melaksanakan apa yang menjadi tugas kami, termasuk di Kalimantan Utara sampai tahun 2027," ujarnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
mangrove   Hutan Mangrove   BRGM   KLHK  

Terpopuler