Hyundai Ioniq 5 Batik Kawung Akan Diproduksi Terbatas

Sabtu, 12 Agustus 2023 – 07:44 WIB
Hyundai Ioniq 5 motif batik Kuwang di GIIAS 2023. Foto: HMID

jpnn.com, TANGERANG - Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, pabrikan otomotif asal Korea Selatan meluncurkan Hyundai Ioniq 5 berbalut motif batik.

Hyundai Ioniq 5 berpenampilan berbeda itu sebagai penanda 50 tahun persahabatan Indonesia dan Korea Selatan.

BACA JUGA: Hyundai Ioniq 5 Sandiaga Uno Mogok, Bos Baru HMID Buka Suara

Mobil listrik Hyundai itu merupakan inisiatif Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto yang menandai babak baru dari 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan.

Model khusus itu sekaligus untuk menggairahkan ekonomi kreatif serta menduniakan warisan budaya Indonesia.

BACA JUGA: Sisi Buas SUV Listrik Hyundai Ioniq 5 N

Sejalan dengan tema "Closer Friendship, Stronger Partnership", mobil listrik dengan desain batik itu diharapkan dapat menjadi simbol persahabatan erat kedua negara.

“Untuk bangsa Indonesia, Batik tidak dipandang sebagai selembar kain, melainkan suatu Warisan Budaya Tak Bendawi yang telah tercatat di UNESCO sejak 2009. Batik adalah ikon sejarah dan peradaban tanah air di mana teknik dan motif Batik diwariskan dari generasi ke generasi," jelas Gandi Sulistiyanto, di ICE BSD Tangerang, Kamis.

BACA JUGA: Hyundai & Kia Recall Puluhan Ribu Mobil Baru, Ada Palisade Hingga Sportage

Hyundai Ioniq 5 dibalut motif batik Kawung yang menggambarkan kesempurnaan, kemurnian, dan kesucian.

Motif itu membawa harapan bagi penggunanya untuk dapat mencapai kesempurnaan yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Masyarakat Korea Selatan di Indonesia memandang motif Kawung menyerupai beras atau nasi yang diartikan sebagai sumber kesejahteraan atau rezeki melimpah, dan daun semanggi yang diartikan keberuntungan.

Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Batik Indonesia direncanakan akan diproduksi dalam jumlah terbatas bagi para kolektor dan dibanderol pada kisaran harga Rp 1 miliar.

Purwarupa Hyundai Ioniq 5 Batik Indonesia dapat dilihat di gerai Hyundai pada GIIAS 2023 di Hall 10 ICE BSD pada 11 – 20 Agustus 2023.

Pada 2023, Indonesia dan Korea Selatan merayakan 50 tahun hubungan persahabatan dengan tema "Closer Friendship, Stronger Partnership".

KBRI Seoul menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka perayaan itu melalui berbagai kegiatan, termasuk peluncuran Hyundai Ioniq 5 Batik Indonesia.

Pada akhir September 2023, KBRI Seoul akan menyelenggarakan Festival Indonesia di Gwanghwamun Square, lokasi yang populer di ibu kota Korea Selatan. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hyundai IONIQ 5 dan CRETA Bikin Senyum HMID di IIMS 2022


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler