Ibas Kunjungi Batam Pos

Minggu, 01 Desember 2013 – 02:56 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - BATAM - Edhie Baskoro Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat bersama kader lainnya berkunjung ke redaksi Batam Pos (Grup JPNN), Sabtu (30/11) di Graha Pena, Batam Centre. Kunjungan ini dilakukan dalam rangkaian perayaan HUT ke 12 Partai Demokrat yang puncaknya akan digelar hari ini, Minggu (1/12).

Mengenakan kemeja biru, Ibas, nama akrab putra SBY tersebut disambut Ismed Safriady, Wakil Pemimpin Redaksi Batam Pos, dan Putut Arya Tejo, Pemimpin Redaksi Batampos.co.id. Turut mendampingi Ibas yakni Agus Hermanto, Ketua komisi X dari Partai Demokrat, Sartono Hutomo bendahara Partai Demokrat, Wakil Walikota Batam Rudi, Apri Sujadi, Hotman Hutapea, Surya Makmur dan kader lainnya.

BACA JUGA: Umat Hindu Harapkan Diwali Jadi Libur Nasional

Sebelum memulai diskusi, Ibas sempat memuji Batam Pos yang dinilai sebagai koran rujukan di Kepri. "Saya tahu, Batam Pos adalah koran rujukan di Kepri, jadi kami sengaja ke sini untuk mempererat silaturahmi," katanya.

Menggelar pertemuan sekitar satu jam, Ibas menyampaikan kondisi Partai Demokrat yang saat ini menjadi pembicaraan menarik hampir di semua media, baik media cetak maupun media elektronik.

BACA JUGA: Ajak Masyarakat Optimalkan Pengeloaan Sampah

Menurut Ibas peran media sangat penting untuk membangun dan mencerdaskan bangsa. Tetapi ia menyayangkan sebagian media yang terkesan tidak proporsional dalam pemberitaan. Bahkan ia menuding ada beberapa media tertentu yang sengaja memfitnah Partai Demokrat.

Ibas juga mengaku kadang isu dan tudingan ke arah pihaknya selalu menjadi pemberitaan yang hangat. Padahal belum tentu benar. Termasuk soal tudingan ia mengenal dengan sejumlah petinggi Kernell Oil. "Sudah saya sampaikan, bahwa saya tidak mengenal satupun orang-orang tersebut," katanya.

BACA JUGA: Partai Hanya Jual Ideologi Sulit Menang Pemilu

Bahkan diakui Ibas, bila ia ingin memanfaatkan posisinya sebagai putra presiden, tidak pada saat setahun terakhir. "Kenapa tidak sejak 2004 lalu" Kenapa baru setahun terakhir saya dikait-kaitkan dengan peristiwa tersebut.Saya melihat ada pembusukan yang disengaja oleh pihak-pihak tertentu melalui media. Banyak fitnah yang ditujukan kepada saya dan sejumlah petinggi partai Demokrat untuk maksud tertentu," katanya.

Ditanya mengenai peluang Partai Demokrat dalam Pemilu mendatang, pasca merosotnya elektabilitas partai, Ibas mengaku tidak terlalu mengkhawatirkannya. Menurutnya, lembaga survey tidak menentukan sebuah partai menjadi pemenang atau tidak dalam Pemilu mendatang.

"Dulu Partai Demokrat tidak terlalu diunggulkan, tetapi bisa kok menjadi pemenang pemilu," katanya.

Meski demikian, Ibas juga mengaku bahwa hasil lembaga survey juga bisa dijadikan acuan untuk berbenah dan memperbaiki diri. Menurut pecinta musik RNB tersebut, Partai Demokrat adalah partai berbenah dan siap menerima kritikan dari semua pihak.

Persoalan hukum yang menimpa sejumlah politisi Partai Demokrat, juga seharusnya jangan dijadikan alat untuk membusukkan Partai Demokrat. Menurutnya persoalan yang sama juga menimpa sejumlah politisi dari Partai yang lain. Menurutnya sejumlah media yang selalu memberikan porsi lebih untuk memberitakan keburukan oknum kader Partai Demokrat yang mempengaruhi persepsi masyarakat.

"Tidak ada yang salah dengan lembaga ini. Hanya oknum-oknum saja yang melanggar, dan ini juga bukan hanya di partai Demokrat saja. Di partai lain juga banyak tetapi tidak disorot," katanya.

Saat ini Partai Demokrat terus melakukan konsolidasi. Semua pengurus Demokrat mulai dari DPP hingga PAC diharapkan untuk terjun langsung ke masyarakat. Dengan demikian, semua kader ataupun caleg bisa mengetahui permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Ibas, yang masuk menjadi anggota Partai Demokrat sejak 2001 itu menegaskan bahwa Partai Demokrat adalah partai yang sudah teruji dan bisa mengembangkan perekonomian di Indonesia. Menurutnya, banyak hal yang sudah dicapai SBY dalam pemerintahannya tetapi jarang diberitakan di media.

"Banyak pembangunan infrastruktur dan keberhasilan lain dari Partai Demokrat, tetapi yang selalu ditonjolkan di media adalah kesalahan  oleh oknum kader Partai Demokrat," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPP Partai Demokrat,Agus Hermanto mengatakan menurunnya elektabilitas Partai Demokrat tidak membuat Partai Demokrat merasa terpuruk. Menurutnya kinerja pemerintah pusat tidak bisa dipungkiri sudah meningkatkan martabat dan kesejahteraan masyarakat.

Khusus untuk Kepri, ia menjelaskan bahwa APBN sangat besar dikucurkan untuk peningkatan dan mendukung pertumbuhan perekonomian di antaranya pemberlakuan Free Trade Zone (FTZ) dan sarana dan prasarana lainnya. Ia mengakui bahwa FTZ di Kepri sangat berpengaruh untuk perekonomian, meski diakui saat ini masih banyak persoalan yang ditemui dalam proses berjalannya FTZ.

"Undang-undang itu begitu diberlakukan tidak langsung berjalan bagus. Ini yang sedang kita benahi bersama. Tetapi sekarang sudah semakin bagus," katanya.

Selain itu APBN juga dikucurkan untuk pengadaan Sabung Nusantara III, kapal perintis Natuna-Tanjungpinang. Ini dirasa sangat penting untuk memudahkan konektifitas warga Kepri. "Dulu hanya sekali seminggu, sekarang sudah dua kali seminggu," kata Agus.

Wakil Walikota Batam Rudi SE yang juga sekretaris Partai Demokrat Kota Batam mengatakan megakui bahwa Kepri khususnya Batam mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat. Melalui APBN, ia mengaku bahwa kesejahteraan Batam tiap tahun bertambah. Menurutnya Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Batam sangat signifikan.

"Misalnya penambahan sejumlah kapal untuk nelayan di jembatan II. Ini sangat membantu nelayan, termasuk pemberina bantuan untuk warga kurang mampu di Batam," katanya.

Sebelum berkunjung ke Batam Pos, Ibas dan rombongan sudah melakukan kunjungan dan pembagian Sembako kepada warga kampung tua Tanjunguma. Selain itu, rombongan juga melakukan kunjungan dan peninjauan ke daerah-daerah UKM di Batam.

Sementara puncak acara akan digelar di pantai Ocarina yang dimulai pukul 06.00 WIB, yang diawali dengan gerak jalan santai. Acara ini bertabur hadiah. Para peserta berkesempatan mendapatkan hadiah menarik berupa satu unit mobil Avanza, 10 sepeda motor dan ratusan hadiah menarik lainnya. HUT trersebut akan akan diisi dengan penampilan artis cantik jebolan KDI, Nadila. (ian)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panglima Minta Satgultor TNI Berdaya Tempur Efektif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler