Ibu Buang Bayi Di Rumah Sendiri

Kamis, 01 Agustus 2013 – 11:32 WIB

CILACAP--Kasus penemuan bayi di dapur rumah seorang warga Jalan Diponegoro Desa Welahan Wetan Rt 03/5  Kecamatan Adipala, akhirnya terungkap. Tersangka pembuangnya, tidak lain adalah ibu bayi tersebut yang menemukan bayi itu pertama kali di dapur rumahnya sendiri.
    
"Kami telah mengamankan tersangka Ryn (19) yang tidak lain adalah ibu bayi tersebut. Ryn juga merupakan orang pertama yang melaporkan ada bayi menangis di belakang dapur kepada ibunya," ujar Kapolres Cilacap, AKBP Wawan Muliawan didampingi Kasat Reskrim AKP Agus Puryadi.

Dia menjelaskan, pengungkapan ini membutuhkan waktu dua hari. Begitu menerima laporan, polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Polisi memeriksa para saksi yang menemukan bayi itu 28 Juli lalu. Polisi sempat curiga dengan kondisi rumah yang ditempati Ryn yang berbau anyir.

BACA JUGA: PNS Muda Hamili Cewek Penjaga Warnet

Kecurigaan polisi bahwa tersangka pelaku pembuang bayi tidak jauh dari lokasi. Banyak bukti-bukti kejanggalan yang ada. Akhinya polisi menginterogasi Ryn. Dia  akhirnya mengakui kalau bayi tersebut adalah bayi yang baru dilahirkannya beberapa saat sebelumnya.

Ryn menjelaskan, dia terpaksa membuang bayi tersebut agar tidak ketahuan kalau dirinya pernah hamil. Memang tidak ada yang tahu Ryn hamil, termasuk ibu maupun tetangganya. Sebab Ryn selalu mengenakan pakaian jenis gamis yang sangat longgar. Minggu (28) sekitar pukul 05.00, dia melahirkan bayi tersebut di kamarnya tanpa pertolongan siapapun.

BACA JUGA: Ngamuk, Suami Tembaki Mobil Istri

Kemudian pusar dan ari-ari dipotong dengan gunting dan dibungkus plastik kresek hitam. Barang itu kemudian  disimpan di laci almari pakaian tersangka yang berada di ruangan yang sama dengan tempat dia melahirkan.

Sekitar pukul 18.25, tersangka mengambil bayi yang berada di dalam kamar tersebut dan dibawa ke dapur. Bayi dalam keadaan telanjang ini diletakkan di dipan.Kemudian tersangka membuka pintu dapur agar orang menyangka ada orang masuk ke rumahnya dan meletakkan bayi itu di dapurnya.

BACA JUGA: Pelajar Dicabuli Hingga Hamil

Tersangka masuk ke kamarnya dan keluar lagi ke kamar mandi. Setelah itu, dia memberitahu ibunya ada suara seperti kucing di dapur. Ibunya,  tersangka dan juga adiknya kemudian mengecek sumber suara itu. Ketika lampu dinyalakan ternyata ada bayi yang tergeletak di sana.

Setelah itu, ketiganya kembali ke kamar tamu dan minta tolong. Para tetangga berdatangan dan menyelamatkan bayi itu dengan membungkusnya menggunakan kain agar hangat. Kejadian dilaporkan ke polisi dan dilakukan penyelidikan. Tersangka mengaku anak ini merupakan hasil hubungan gelap dengan pacarnya.(amu)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Uang Gaji Penyapu Jalan Dijambret


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler