Ida Fauziyah Tenangkan Pegawai Kemnaker yang Panik saat Gempa

Jumat, 14 Januari 2022 – 22:33 WIB
Menaker Ida Fauziyah mengimbau pegawai Kemnaker agar tetap tenang saat evakuasi gempa di gedung Kemnaker pada Jumat (14/1). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Seluruh pegawai di kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merasakan gempa pada Jumat (14/1) pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa magnitudo 6,7 ini berpusat di Sumur, Pandeglang, Banten, hingga terasa ke wilayah DKI Jakarta.

BACA JUGA: Kementerian PPPA Beri Predikat Tara Utama bagi TPA Sahabat Semut Kemnaker

Ratusan pegawai di gedung A dan B kantor Kemnaker berhampuran ke luar gedung untuk menyelamatkan diri.

Menaker Ida Fauziyah yang berada di ruangan kerjanya lantai 2 gedung A Kemnaker bersama pegawai lain turut keluar menuju halaman kantor Kemnaker untuk memantau kondisi gedung dan pegawai.

BACA JUGA: Kemnaker Punya Wadah Baru untuk Kembangkan SDM

Saat di luar, Menaker Ida Fauziyah menenangkan pegawai Kemnaker setelah berhamburan dari gedung Kemnaker dengan menggunakan tangga darurat dan lift.

"Saya tadi imbau agar tetap berada dalam gedung. Jangan tergesa-gesa untuk keluar gedung. Sebab, sebagian besar cedera terjadi ketika orang-orang di dalam gedung mencoba untuk pergi keluar," kata Ida Fauziyah di Jakarta pada Jumat (14/1).

BACA JUGA: Kemnaker Tindak Tegas Pelaku Penempatan CPMI ke Australia secara Nonprosedural

Menaker Ida Fauziyah juga telah meminta para pegawai yang masih berada di dalam gedung agar berlindung di bawah furnitur yang kuat seperti meja dan menutup kepala dengan benda apa pun.

"Jika tidak memungkinkan untuk berlindung di bawah meja, mendekat ke sisi bangunan yang memiliki kerangka kokoh seperti pojok bangunan atau tiang bangunan. Kemudian, bungkukkan badan ke lantai dengan satu tangan menutupi leher dan satu tangan menutupi kepala," ungkapnya.

Menaker Ida menambahkan, pihaknya telah menginstruksikan agar unit Binwasnaker dan K3 siap siaga dengan seluruh peralatan guna menghadapi kemungkinan gempa susulan.

"Gempa selatan Ujung Kulon magnitudo 6,7. Waktu gempa 16.05 WIB lintang 7.01 LS dengan kedalaman 10 km," kata Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler