IdenTIK 2023 Jadi Ajang Menggali dan Mengembangkan Potensi Anak Bangsa

Minggu, 07 Mei 2023 – 23:16 WIB
Kemenkominfo menyelenggarakan roadshow Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) tahun 2023 di Universitas AMIKOM, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan roadshow Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) tahun 2023 di Universitas AMIKOM, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas AMIKOM dan universitas lain di DIY, serta Komunitas TIK.

BACA JUGA: Seleksi Nasional IdenTIK 2023 Dibuka, Pemenang Bakal Berlaga di Tingkat Dunia

Roashow yang digelar pada 4 Mei itu untuk mempromosikan kompetisi IdenTIK sekaligus menjaring kandidat-kandidat potensial untuk berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

IdenTIK merupakan bentuk dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap ekosistem digital Indonesia. 

BACA JUGA: Roadshow IdenTIK 2023, Saatnya Mahasiswa Indonesia jadi Entrepreneur

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto mengatakan jumlah pengguna internet di Indonesia sudah sangat berkembang. Hal ini menjadi kunci dari transformasi digital di berbagai sektor. 

"Sebagai wujud transformasi digital, Universitas AMIKOM sudah banyak menghasilkan karya yang berada di level Internasional dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Bonifasius dalam keterangannya dikutip Minggu (7/5).

BACA JUGA: PKS Ajak Anak Bangsa Jaga Kestabilan Politik 2023

Dia melanjutkan salah satu inovasinya adalah Lampu Tenaga Air Laut (LATAL) yang sangat membantu nelayan. Ada juga ada alat USMAN (UVC Sterilizer Lantai Masjid yang Aman).

Itu adalah sebuah kolaborasi untuk memajukan industri TIK yang menciptakan lapangan dan nilai ekonomi bagi masyarakat, sambung Bonifasius.

Wakil Rektor 1 Drs. Bambang Sudaryatno, M.M., mengatakan banyak alumni Universitas AMIKOM yang berhasil menjuarai IdenTIK di tahun-tahun sebelumnya. Dia berharap mahasiswa bisa berpartisipasi pada IdenTIK tahun 2023 ini, .

Bambang juga turut menjanjikan bagi mahasiswa Universitas AMIKOM yang menjuarai IdenTIK 2023 akan mendapatkan manfaat tersendiri dari Universitas AMIKOM.

“Mahasiswa-mahasiswa yang juara akan kami berikan beasiswa, lalu kami ikat menjadi dosen agar bisa membimbing adik-adiknya," tegas Bambang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho menyampaikan bahwa kolaborasi menjadi hal yang vital agar masyarakat dapat tumbuh menjadi lebih kuat lagi. Selain itu, Hari berharap IdenTIK 2023 menjadi ajang untuk menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di DIY dan sekitarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow bersama empat narasumber, yaitu juri IdenTIK 2023. Kategori Public Sector, Shita Laksmi; juri IdenTIK 2023. Kategori Private Sector, Partono Rudiarto; pemenang karya terpilih IdenTIK 2022. 

Kategori Public Sector, Faris Naufal Rahman (Peduli Lindungi/Satu Sehat); dan pemenang karya terpilih IdenTIK 2022 Kategori Inovasi Teknologi Konten Digital, Hary Ramdhana Nasution (ViraExpoir). (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler