Idul Fitri, Malino Ramai Dikunjungi

Rabu, 30 Juli 2014 – 22:04 WIB

jpnn.com - SUNGGUMINASA - Dua hari pasca lebaran idulfitri objek wisata di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ramai pengunjung.

Waduk Bilibili, kebun wisata Bontomanai, kawasan Kota Bunga Malino, objek pemancingan Limbung, dan wisata Pantai Borombong dalam dua hari terakhir padat pengunjung.

BACA JUGA: Pemkab Bangun Taman Digital di Pinggir Pantai

Malino misalnya mulai ramai terlihat Selasa (29/7) hingga Rabu (30/7). Kendaraan asal Makassar berseliweran dalam kota berhawa sejuk tersebut. Bahkan sebagian menginap dan sebagian lagi pulang ke Makassar menjelang petang.

Kendaraan ramai berlanjut, Rabu 30 Juli. Mereka mengunjungi beberapa tempat wisata, di antaranya hutan pinus, kebun teh, dan air terjun Takapala. "Kendaan ramai mulai terlihat Selasa 29 Juni," ujar warga Malin, Muh Nurdin, Rabu siang 30 Juli.

BACA JUGA: Kapal Feri yang Tenggelam di Kapuas Tidak Layak Operasi

Padat pengunjung tidak kalah dengan objek wisata waduk Bilibili. Kawasan lesehan dipenuhi mobil dan motor pengunjung. Bahkan sebagian kendaraan harus diparkir di luar kawasan, poros Parangloe menuju Malino.

Di kawasan tersebut, pengunjung menikmati menu lesehan khas ikan nila dan mas produksi Waduk Bilibili. "Pendapatannya cukup lumayan," ujar seorang pengelola rumah makan lesehan, Dg Naba.

BACA JUGA: Selama Ramadan, Pemasukan Al Markaz Capai Rp 1,1 M

Libur panjang diakui Dg Naba, merupakan waktu yang ditunggu para pengelola lesehan. Mereka berkesempatan  memperoleh penghasilan lebih dari biasanya.

Pada hari libur, termasuk pascalebaran, para pengelola lesehan tergolong panen. Bahkan mereka cukup kewalahan melayani pengunjung. "Sudah biasa setiap tahun habis lebaran, pengunjung padat," ungkap Dg Naba dalam logat Makassar kental.

Demikian pula kawasan kebun wisata Bontomanai Kecamatan Bontomarannu juga ramai pengunjung. Dengan tarif Rp25.000/orang, pengunjung bisa menikmati beberapa  wahana yang tersedia.

Ada kolam renang, hutan buatan, dan lainnya. Bagi pengunjung yang bernita mengisi "kampung tengah," pengelola juga menyediakan warung makan dan bahan makanan ringan lainnya.

Kondisi padat pengunjung juga terlihat di kawasan pemancingan Limbung. Pengelola pemancingan milik perorengan itu menyediakan  perlengkapan pancing, termasuk umpan.

Bagi pengunjung yang ingin membawa pulang hasil pancingan diperbolehkan dengan membayar harga terjangkau. Kawasan pemancingan yang ramai terlihat di kawasan Danau Mawang Kecamatan Somba Opu Gowa. "Para pemancing sebagian dari Makassar dan Sungguminasa," tutur warga Mawang, Abd Azis. (jai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menanti Kepak Sayap Lebih Banyak Merpati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler